PSBB Surabaya

Usir Kejenuhan, Polisi Di Surabaya Inisiatif Bagi Ratusan Buku

Bripka Sugeng, Bhabinkamtibmas Polsek Bubutan, Kota Surabaya, punya cara unik untuk membantu para orang tua dalam mengusir kejenuhan anak-anak di PSBB

Febrianto/Tribunjatim
Bripka Sugeng, Bhabinkamtibmas Polsek Bubutan, Kota Surabaya, membagikan sejumlah buku mewarnai dan buku cerita kepada anak anak di Kampung Tembok Gede, Kamis siang (21/5/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bripka Sugeng, Bhabinkamtibmas Polsek Bubutan, Kota Surabaya, punya cara unik untuk membantu para orang tua dalam mengusir kejenuhan anak-anak di tengah penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) jilid 2, yang kembali diterapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Dengan mengendarai sepeda motor sambil berkeliling kampung, Bripka Sugeng membagikan buku cerita dan buku mewarnai kepada anak-anak agar mereka bisa belajar sekaligus bermain selama berada di rumah.

Bripka Sugeng mendatangi toko buku bekas yang berlokasi di kampung ilmu, Jalan Semarang, Kota Surabaya, Kamis siang (21/5/2020), untuk memborong ratusan buku bercerita dan buku mewarnai kepada anak-anak.

Buku-buku itu dibeli dari uang gajinya sebagai anggota polri, dengan harapan bisa membantu para orang tua dalam mengusir kebosanan anak-anak.

Usai membeli ratusan buku, Bripka Sugeng pun menuju ke salah satu wilayah hukumnya yang berlokasi di kawasan Jalan Tembok Gede, Surabaya. Di sana merupakan salah satu wilayah hukumnya yang memang padat penduduk serta banyak anak-anak.

Tak Ada Mudik, Pertamina Tetap Siaga

PT KAI Daop 7 Madiun Operasikan Kereta Api Luar Biasa, Antisipasi Lonjakan Pengiriman Barang

Luna Maya Tersenyum Malu Ditanya Kemungkinan CLBK dengan Ariel Noah: Ternyata Kalau Jodoh Gimana?

Kedatangan Bripka Sugeng pun langsung disambut akrab oleh sejumlah anak-anak yang ada di kawasan tersebut. Senyum ceria anak-anak ini pun semakin merona, setelah Bipka Sugeng, membawa tumpukan buku bercerita dan buku mewarnai untuk dibagikan secara gratis kepada anak-anak.

Pembagian buku ini dilakukan secara door to door, agar anak-anak tidak berkerumun selama pembagian buku cerita dan mewarnai. Serta tetap menjaga physical distancing selama pandemi, guna memutus mata rantai virus Corona atau Covid-19.

"Buku yang dibagikan sekitar 250 buku. Termasuk buku cerita dan mewarnai dengan maksud agar para putra putri tidak jenuh di dalam rumah, dengan adanya buku cerita dan mewarnai ini ada selingan dalam kegiatan belajar dari rumah," ujarnya.

Bripka Sugeng menambahkan, ia membeli buku dari kampung ilmu karena kebetulan dekat dari wilayah hukumnya. Bripka Sugeng juga sengaja memborong banyak buku agar dapat disalurkan kepada putra-putri yang sedang berada di rumah.

"Saya berfokus pada buku cerita untuk anak-anak dan mewarnai dengan maksud kegiatan mewarnai bisa menghilangkan kejenuhan dan stress selama pandemi virus Corona atau Covid-19," imbuhnya.

Sementara itu, kegiatan bagi-bagi buku cerita dan buku mewarnai yang secara inisiatif dilakukan oleh polisi ini, mendapat respon positif dari sejumlah anak. Mereka mengaku senang lantaran bisa mendapat buku gratis sesuai dengan kesukaan mereka, mengingat anak-anak ini sempat bosan dan mengaku kangen ingin cepat-cepat sekolah lagi.

"Senang dapat buku cerita, kesukaan saya buku mewarnai sama buku cerita gambar. Selama libur yang dilakukan membantu orang tua dan belajar, di rumah bosen dan pengen sekolah lagi," ujar Nafisa, anak penerima buku.

Bripka Sugeng menghimbau kepada anak anak, meski berada di rumah namun tidak meninggalkan kegiatan belajar dan membaca atau study from home.( Febrianto/Tribunjatim.com)

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved