Banjir Bandang di Paciran Lamongan

Gubernur Jatim Khofifah Respons Cepat Banjir Lamongan, Kirim 1.000 Paket Sembako untuk Korban

Khofifah Indar Parawansa meminta jajarannya untuk kirim bantuan 1.000 paket sembako pada korban banjir di Lamongan. Terutama di Paciran dan Brondong

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Pemprov Jawa Timur mengirim 1.000 paket sembako untuk korban banjir Lamongan, Rabu (27/5/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, merespons cepat adanya laporan bencana banjir di Kabupaten Lamongan, akibat meluapnya Sungai Asinan yang berada di perbatasan Brondong - Paciran.

Khofifah Indar Parawansa meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim untuk berkoordinasi dengan BPBD Lamongan dan meminta jajarannya untuk mengirim bantuan 1.000 paket sembako pada korban banjir, khususnya di wilayah Kecamatan Paciran dan Brondong.

Setiap paket sembako tersebut berisi 5 kilogram beras, 1 kilogram gula pasir, 10 butir telur ayam, 10 bungkus mi instan, dan juga biskuit.

Selain itu, karena saat ini juga masih dalam suasana pandemi virus Corona atau Covid-19, paket tersebut ditambah tas kecil berisi paket vitamin, masker, dan hand sanitizer.

"Bantuan sembako, masker, vitamin, serta hand sanitizer yang dikirimkan, kami harap bisa membantu meringankan beban warga terdampak. Dan kami berharap semua daerah di Jatim yang memiliki kerawanan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan. Selain waspada Covid-19, kita juga harus siaga terhadap bencana lain yang mungkin melanda," kata Khofifah Indar Parawansa, Rabu (27/5/2020).

Tren Positif Covid-19 Meningkat, Kapolres dan Dandim Lamongan Sambangi Desa Tanggap Covid-19

HUT Lamongan ke-451, Gubernur Khofifah Minta Masyarakat Perlahan Terapkan Kebiasaan Normal Baru

Khofifah Indar Parawansa yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial ini meminta warga terdampak banjir untuk tetap bersabar dan tawakkal.

Terlebih lagi, banjir ini juga terjadi di saat pandemi Covid-19, dan juga bertepatan dengan dengan Hari Jadi Kabupaten Lamongan yang ke-451.

Seperti diketahui, hujan lebat mengguyur wilayah utara Kabupaten Lamongan sejak Selasa (26/5/2020) dini hari.

Akibatnya, Sungai Asinan yang berada di perbatasan Brondong-Paciran meluap.

Banjir Bandang di Blimbing Paciran Lamongan Mulai Surut, Empat Rumah Rusak

Ruang Isolasi Covid-19 di RSUD Dr R Koesma Mulai Penuh, Pemkab Tuban Khawatir Ada Lonjakan Kasus

Setidaknya 4 buah rumah di wilayah Desa Blimbing, Paciran, rusak, dan jalan raya yang berada di pinggir jembatan tergenang air hingga ketinggian 1 meter.

Tidak itu saja, jalan di sekitar Jembatan Sumberagung dan jalan di dekat jembatan lingkar Blimbing, Paciran juga ambles menutup separuh sungai. 

Editor: Dwi Prastika

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved