Potret Dunia Menegang: China Siaga Tempur, AS Siap Nuklir hingga Nasib Ekonomi Iran, Akankah Perang?

Terpotret gambaran ketegangan luar biasa dari beberapa negara besar di dunia, sinyal Perang Dunia III tidak akan terhindarkan.

Penulis: Ignatia | Editor: Mujib Anwar
Tribunnews
Ilustrasi perang dunia yang diprediksi akan terjadi di masa depan 

TRIBUNJATIM.COM - Potret kondisi dunia saat ini perlu kita khawatirkan, sebab ada gambaran jelas dari berbagai negara tentang kondisi satu sama lain yang tak sedang baik-baik saja.

Dunia seolah sedang menegang, beberapa negara besar dan negara adidaya tampak menunjukkan aksi-aksi yang tidak main-main.

Apakah Perang Dunia akan segera terjadi lagi?

Jika diruntut, maka kita bisa menyadari bagaimana kondisi dunia saat ini tidak baik-baik saja.

Hubungan Makin Panas, Amerika Harus Waspada Hadapi China, Tersimpan Senjata Pamungkas Tak Main-main

Ancaman Baru untuk China yang Tak Disadari, Kekuatan Mengerikan 7 Kapal Selam Benteng Indo-Pasifik

Mari simak ulasannya berikut ini:

China

Presiden China Xi Jinping pada Selasa (26/5/2020) menekankan pencapaian target dan misi untuk memperkuat pertahanan nasional dan angkatan bersenjata di tahun 2020, sambil mempertahankan kontrol epidemi yang efektif secara teratur.

Melansir People's Daily, Xi yang juga merupakan sekretaris jenderal Partai Komunis Komite Sentral Tiongkok dan ketua Komisi Militer Pusat, merilis pernyataan tersebut ketika menghadiri pertemuan pleno delegasi Tentara Pembebasan Rakyat dan Angkatan Bersenjata Kepolisian Rakyat, pada sesi ketiga tanggal 13 Kongres Rakyat Nasional, badan legislatif nasional Tiongkok.

Pada kesempatan itu, Xi Jinping mendengar pidato yang disampaikan oleh para deputi militer dalam memenuhi tugas-tugas pengendalian epidemi, memperkuat pelatihan di tengah-tengah epidemi, dan mempercepat pembangunan kapasitas pertahanan biosekuriti, antara lain.

Dia juga memuji peran mereka dalam memerangi Covid-19 atau virus Corona.

China Akhirnya Akui Simpan Virus Corona di Lab, Tudingan Amerika Terbukti, Ada yang Masih Ditutupi?

Presiden China Xi Jinping ungkap senjata ampuh perangi Covid-19 atau virus Corona.
Presiden China Xi Jinping ungkap senjata ampuh perangi Covid-19 atau virus Corona. (AFP / ALEXEY NIKOLSKY via Kompas.com)

Xi mengatakan angkatan bersenjata rakyat sekali lagi membuktikan diri sebagai kekuatan heroik yang dapat sepenuhnya dipercaya oleh Partai dan rakyat.

Xi mengatakan epidemi tersebut telah membawa dampak besar pada lanskap global serta keamanan dan pembangunan China.

Dia memerintahkan militer untuk memikirkan skenario terburuk, meningkatkan pelatihan dan kesiapsiagaan pertempuran, dan efektif menangani segala macam situasi kompleks dan secara tegas menjaga kedaulatan nasional, keamanan dan kepentingan pembangunan.

Xi menuntut reformasi dan inovasi untuk mengatasi situasi dan masalah baru yang muncul dalam epidemi dan memerintahkan percepatan penelitian dan pengembangan obat-obatan dan vaksin Covid-19 dengan memanfaatkan keunggulan penelitian medis militer.

Akhirnya China Akui Simpan Virus Corona di Lab, Rahasia Soal Kebocoran Terkuak, Ini Fakta Ilmiahnya

Halaman
1234
Sumber: Intisari
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved