KRONOLOGI Mobil PCR dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat untuk Jatim, Sempat Garap 300 Sampel di Surabaya

Kepala Pelaksana BPBD Jatim Suban Wahyudiono menegaskan bahwa dua unit mobil PCR bantuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat untuk Jatim.

TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur (Kalaksa BPBD Jatim) Suban Wahyudiono. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kepala Pelaksana BPBD Jatim Suban Wahyudiono menegaskan bahwa dua unit mobil PCR bantuan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat bukan hanya untuk Surabaya melainkan untuk Provinsi Jawa Timur yang diperbantukan untuk sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur.

"Mobil PCR ini untuk Provinsi Jatim. Dalam statementnya bahwa bukan hanya untuk Surabaya tapi juga spesifik disebutkan untuk kota lain seperti Sidoarjo dan Lumajang," kata Suban, Jumat (29/5/2020).

Suban lalu menjelaskan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur juga telah bersurat kepada Gugus Tugas Pusat pada tanggal 11 mei 2020 untuk permohonan dukungan percepatan penegakkan diagnosis Covid 19.

Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi Sebut Pelaku Transportasi Riskan, 1 ABK Ketapang-Gilimanuk Positif

Gugus Tugas Jatim Terima Bantuan Dua Mobil Tes PCR dari Pemerintah Pusat

Tingkat Penularan Tinggi, Gugus Tugas: Surabaya Bisa Jadi Wuhan

Di dalam surat tersebut, Gugus Tugas Jatim meminta permohonan mesin PCR 15 unit.

"Ibu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) telepon juga bapak Doni Monardo (Kepala Gugus Tugas Pusat dan BNPB) dan juga bapak Pangdam (Pangdam V Brawijaya) juga komunikasi ke kepala BNPB untuk segera ada bantuan mobil unit PCR," lanjut Suban

Suban sendiri juga langsung menghubungi ke Doni Monardo dan diarahkan ke Deputi Kedaruratan Dody Reswandi untuk menindaklanjuti hal tersebut.

"Dari perbincangan tersebut bahwa tanggal 27 malam sudah dikirim 1 unit mobil, berisi 2 mesin PCR," lanjut Suban.

Suban juga diberikan nomor telepon untuk menghubungi driver maupun kru dari mobil PCR tersebut untuk mengarahkan ke tempat serah terima mobil PCR tersebut.

"Kita sepakat bahwa kedatangannya diterima di RS darurat di Jalan Indrapura. Saat perjalan dimonitor terus dan akhirnya tiba di Surabaya jam 4 pagi," lanjut Suban.

Halaman
12
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved