Wali Kota Mojokerto Peringati Hari Lahir Pancasila di SDN Purwotengah Tempat Bung Karno Menimba Ilmu

Wali Kota Mojokerto memperingati Hari Lahir Pancasila dengan upacara secara virtual yang terhubung langsung dengan pemerintah pusat di SDN Purwotengah

TRIBUNJATIM.COM/MOHAMMAD ROMADONI
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila secara virtual di halaman SDN Purwotengah, Jalan Taman Siswa Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto, Senin (1/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Mochammad Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Peringatan Hari Lahir Pancasila diselenggarakan di SDN Purwotengah yang merupakan tempat menimba ilmu presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno sewaktu kecil tinggal di Kota Mojokerto.

Hari Lahir Pancasila genap 75 tahun ini merupakan upacara perdana selama pandemi virus Corona atau Covid-19 sesuai protokol kesehatan yang dilaksanakan oleh Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, secara virtual di halaman sekolah SDN Purwotengah, Jalan Taman Siswa Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto, Senin (1/6/2020).

Pancasila adalah dasar ideologi-ideologi negara yang sangat penting bagi bangsa, lantaran berperan sebagai pemersatu sekaligus membimbing menuju Indonesia berdaulat.

Hari lahir Pancasila tercetus dari gagasan konsep dasar negara yang tertuang dalam pidato yang disampaikan oleh Soekarno pada sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), pada 1 Juni 1945.

Presiden Joko Widodo berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 menetapkan Hari Lahir Pancasila sebagai hari libur nasional sejak tahun 2017.

Potret Peringatan Hari Lahir Pancasila di Rumah Masa Kecil Bung Karno, Diwarnai Tembang Mocopat

Pariwisata di Mojokerto Siap Sambut New Normal Life, Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri, Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, juga memperingati Hari Lahir Pancasila dengan upacara secara virtual yang terhubung langsung dengan pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Timur.

"Kami sengaja memperingati hari lahirnya Pancasila di SDN Purwotengah, sekolah masa kecilnya Bung Karno sewaktu tinggal di Kota Mojokerto, sebagai wujud ungkapan syukur kepada beliau, karena telah melahirkan dasar negara Indonesia yang sekaligus mengenalkan ke seluruh masyarakat dan generasi penerus bahwa presiden pertama Indonesia, pernah tinggal di Kota Mojokerto," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, Soekarno pernah menimba ilmu pendidikan di Kota Mojokerto.

Saat itu, Soekarno kecil menempuh pendidikan di wilayah Tulungagung sebelum akhirnya pindah ke Mojokerto.

Sempat Ditunda 3 Bulan Gegara Corona, Tahapan Pilkada Mojokerto 2020 Bakal Kembali Dimulai 15 Juni

Karyawan Swasta dari Surabaya Positif Covid-19, Karantina di Mojokerto, Bukan Klaster Pabrik Rokok

Kepindahan Soekarno ini tidak lepas dari peran ayahnya bernama Soekemi Sosrodihardjo yang pindah tugas sebagai guru di Inlandsche School atau Sekolah Ongko Loro, atau yang sekarang dikenal dengan SDN Purwotengah Kota Mojokerto.

Bung Karno sempat mengenyam pendidikan di Sekolah Ongko Loro yang notabene adalah sekolah khusus anak pribumi.

Soekarno semasa kecil pindah dari di Sekolah Ongko Loro dan mengenyam pendidikan di Europesche Lerge Shcool (ELS) yang sekarang lebih dikenal sebagai SMP Negeri 2 Mojokerto.

"Sekolah ini ke depannya akan menjadi sebuah museum pendidikan tentang Bung Karno semasa kecil," ujar Ning Ita.

Editor: Dwi Prastika

Terjawab Penyebab Kasus Covid-19 di Jatim Tinggi, Ini Penjelasan Epidemiolog, PSBB Tak Dilonggarkan

Diduga Terpapar dari Ibunya, Bocah 9 Tahun Jadi Pasien Positif Covid-19 Nomor 05 di Kota Mojokerto

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved