Rencana Super Rahasia Tiongkok Soal Laut China Selatan Bocor ke Publik, Tuai Banyak Kritik

Rencana super rahasia China soal Laut China Selatan bocor ke masyarakat. Orang dalam yang membocorkannya

Rencana Super Rahasia Tiongkok Soal Laut China Selatan Bocor ke Publik, Tuai Banyak Kritik
Istimewa via Intisari
Rencana super rahasia China soal Laut China Selatan bocor

Rencana super rahasia China soal Laut China Selatan bocor ke masyarakat. Orang dalam yang membocorkannya

TRIBUNJATIM.COM - Kekaisaran Jepang tentu sekarang menyesali perbuatan mereka di masa lampau ketika ambisi tak sekuat kekuatan fisik.

Hirohito tak menyangka, angkatan perang kekaisaran Jepang yang pada era Perang Dunia II begitu kuat bahkan bisa berkesempatan menang melawan US Navy Amerika Serikat (AS) malah berujung jadi ampas.

Kaisar Hirohito tahu jika berkonflik dengan AS dan Sekutu sembari menguasai hegemoni Asia adalah tindakan bodoh yang tentu tak bisa dijalankan bersamaan.

Sama halnya dengan Hitler Nazi Jerman dimana ambisinya menguasai Eropa dan bertikai dengan Uni Soviet serta Sekutu juga berujung kekalahan mutlak.

Tampaknya dua fakta sejarah diatas tidak menyurutkan niat China saat ini mengulangi hal serupa.

Xi Jinping Perintahkan Militer China Siap Konfrontasi, Konflik Laut Pasifik Selatan Semakin Panas?

Orang dalam militer China membocorkan, Beijing telah membuat rencana untuk zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) di Laut China Selatan sejak tahun 2010.

Ini merupakan tahun yang sama di mana China juga mempertimbangkan untuk pengenalan kontrol wilayah udara yang sama di Laut China Timur. Langkah ini menuai banyak dikritik di seluruh dunia.

Seorang sumber South China Morning Post yang merupakan anggota Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) membocorkan, ADIZ yang diusulkan meliputi rantai pulau Pratas, Paracel, dan Spratly di jalur air yang disengketakan.

Rencana untuk zona itu sama tuanya dengan rencana untuk Laut China Timur ADIZ - yang menurut Beijing sedang dipertimbangkan pada 2010 dan diperkenalkan pada 2013.

Halaman
123
Editor: Januar AS
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved