Enam PTN Indonesia Ini Masuk 500 Besar PTN Terbaik se-Asia, Dua di antaranya dari Jawa Timur

Dunia Pendidikan Tanah Air kembali menorehkan catatan apik. Enam PTN Indonesia masuk dalam daftar 489 kampus terbaik se-Asia tahun 2020.

its.ac.id
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. 

TRIBUNJATIM.COM - Dunia Pendidikan Tanah Air kembali menorehkan catatan apik. Enam kampus perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia masuk daftar 489 kampus terbaik se-Asia pada tahun 2020.

Dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Asia University Rankings 2020 yang telah dirilis secara virtual live THE Asia dan terbit pada Rabu (3/6/2020).

Sebanyak enam kampus PTN asal Indonesia menerobos masuk dalam daftar 489 kampus terbaik se-Asia pada tahun 2020 versi Times Higher Education (THE).

Times Higher Education(THE) Asia University Rankings 2020 menggunakan 13 indikator kinerja yang sama dengan THE World University Rankings, namun dikalibrasi ulang untuk mencerminkan atribut lembaga-lembaga pendidikan Asia.

Dari hasil pemeringkatan, ada sejumlah kampus di Indonesia yang masuk dalam daftar 489 kampus terbaik se-Asia pada tahun 2020.

Login prakerja.go.id untuk Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 4, Bisa Dilakukan Lewat HP

Salah satunya ialah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang bersanding dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada posisi 301-350 di pemeringkatan kampus terbaik di Asia versi THE, atau peringkat 3 besar di Indonesia.

Manajer Senior urusan World Class University ITS Rulli Pratiwi Setiawan menjelaskan bahwa untuk dapat masuk dalam peringkat THE ada beberapa syarat yang perlu dimiliki suatu perguruan tinggi.

Rulli menjelaskan jika ada lima kriteria yang diperhitungkan dalam pemeringkatan kali ini, di antaranya Pengajaran, Penelitian, Sitasi, Pandangan Internasional, dan Pendapatan Industri.

Berbeda dengan pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS), Rulli mengatakan pemeringkatan THE ini lebih sulit apabila dilihat dari berbagai kriteria yang menjadi tolok ukur.

Curhat Maia Lakukan Terapi Menangis ke Psikiater, Jika Ada Peristiwa Pilu Malah Mau Muntah: Gue Aneh

Hal ini tercermin dari masih sedikitnya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam radar pemeringkatan tersebut.

Halaman
123
Penulis: Taufiqur Rohman
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved