Virus Corona di Kota Batu

18 Warga Giripurno Batu Positif Covid-19 Lanjutkan Isolasi di Rumah, Gugus Tugas Beri Penjelasan

18 warga Desa Giripurno, Kota Batu, yang menjalani isolasi di hotel dikabarkan telah pulang ke rumahnya masing-masing. Kenapa?

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Batu, M Chori, 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - 18 warga Desa Giripurno, Kota Batu, yang menjalani isolasi di hotel dikabarkan telah pulang ke rumahnya masing-masing.

Mereka melanjutkan isolasi mandiri di rumah masing-masing setelah menjalani karantina di penginapan sejak 2 Juni 2020 lalu.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M Chori, menerangkan terkait dengan isolasi mandiri di rumah dari pasien Covid-19 warga Desa Giripurno.

Dia mengatakan, permintaan untuk karantina mandiri di rumah itu berasal dari kehendak para warga sendiri.

"Dapat kami jelaskan bahwa kami dalam hal ini Dinas Kesehatan tidak pernah untuk memulangkan mereka. Namun keinginan untuk melanjutkan isolasi mandiri di rumah adalah murni atas keinginan dan permohonan dari mereka yang diketahui oleh Camat Bumiaji," ujar M Chori, Selasa (16/6/2020).

Beberapa pertimbangan yang disampaikan warga berdasarkan keterangan M Chori, yaitu warga merasa lebih nyaman dan tenang apabila isolasi dilakukan di rumahnya masing-masing.

el Hotel Kartika Wijaya Kota Batu Siap Buka di Masa Transisi New Normal, Terapkan Standar Baru

Tingkat Kesembuhan Pasien Positif Covid-19 Kota Kediri 33,33 Persen, Isolasi Efektif Cegah Penularan

Warga juga telah membuat surat pernyataan bahwa selama menjalani isolasi mandiri akan mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan serta bersedia menjalani pemeriksaan lanjutan sampai dinyatakan sembuh.

"Yaitu hasil dua kali swab terakhir dinyatakan negatif. Dengan mempertimbangkan hal tersebut serta memperhatikan kondisi pasien yang stabil dan tidak menunjukkan gejala klinis, sehingga mereka dapat melanjutkan isolasi mandiri di rumah masing-masing," tegas M Chori.

Selama menjalani isolasi mandiri di rumah akan dilakukan pemantauan kondisi kesehatannya setiap hari oleh tim medis.

Ada 23 orang warga Kota Batu yang menjalani karantina mandiri di penginapan. Terdiri atas 18 orang warga Desa Giripurno, 2 warga Kelurahan Sisir dan 3 warga Desa Beji. Kini tersisa 5 orang yang menjalani karantina di penginapan.

ASN di Pemkot Batu Positif Covid-19, Pilih Karantina Mandiri, Tetangga Rumah Resah

Tempat Wisata Blitar Dibuka Bertahap Masa New Normal, Taman & Kolam Renang Belum Boleh Beroperasi

M Chori juga mengatakan, Kota Batu belum bisa menerapkan new normal.

Pasalnya, rate of transmission (RT) di Kota Batu di angka 1. Penerapan new normal bisa dilaksanakan kalau RT berada di bawah angka 1.

"Hasil perhitungan angka rate of transmission (RT) Kota Batu angkanya 1, sehingga masih belum bisa menuju ke kenormalan baru," ujar M Chori.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved