Potret Unik 'Taman Corona' di Magetan, Ada Bola-bola Beton Terpajang, Begini Kisah di Baliknya

Sejak beberapa waktu lalu masyarakat yang melintas di depan pendopo Surya Graha, Kabupaten Magetan pasti menoleh ke arah Taman Corona.

SURYA/DONI PRASETYO
Sejumlah perupa Magetan sedang melukis bola bola yang dibangun Dinas Perumaham dan Pemukiman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan dengan berbagai jenis binatang dan tumbuhan. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Sejak beberapa waktu lalu masyarakat yang melintas di depan pendopo Surya Graha, Kabupaten Magetan pasti menoleh ke arah puluhan bola bola semen yang berjejer di depan rumah dinas bupati itu, banyak warga setempat menyebut bola bola Corona.

"Bisa saja disebut bola Corona, atau apa saja, karena memang dibangun bertepatan dengan pandemi Corona atau Covid 19. Terserah masyarakat, tapi yang jelas itu asesoris untuk melengkapi taman alun-alun," kata Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan Elmy Kurnianto kepada TribunJatim.com, Kamis (18/6/2020).

Sebenarnya, sambung Elmy, bola bola asesoris alun-alun itu sudah dibuat dan direncanakan sebelum ada wabah Covid-19 di wilayah Kabupaten Magetan dan tanah air, namun baru bisa dipasang sekarang.

Mall di Gresik Terapkan PPK Masa Transisi New Normal, Siapkan Jamu Empon-empon 20 Liter Per Hari

"Tidak penting ini ide siapa untuk memasang asesoris taman alun-alun dengan bola bola, yang penting pesan filosofi dari pemasangan bola bola beton di taman alun-alun ini," kata Elmy.

Menurut Elmy Kurnianto, filosofi dari asesoris bola bola beton, yang dilambangkan sebagai bola dunia, yang kondisinya saat ini dipenuhi polusi dan kerusakan lingkungan, agar masyarakat bisa menjaga dan mengembalikan keasrian lingkungan seperti sebelumnya.

"Wabah Corona yang terjadi ini memberi pelajaran kepada kita soal hidup bersih dan selalu menjaga lingkungan. Tapi dengan wabah Corona ini, bumi dan langit seisinya bisa bersih," katanya.

Terkuak Alasan Ahmad Dhani Klepek-klepek ke Mulan, 1 Hal Paling Khas, Mulan Geli, Ashanty: Ya Allah

1 Hal dari Mulan Jameela Ini Buat Ahmad Dhani Jatuh Cinta, Ashanty Sampai Heran, Masak Cuma Itu?

Dijelaskan Elmy, dalam 30 tahun terakhir, lapisan es di Kutub Utara terus menyusut drastis, dan akhirnya lapisan ozon di Kutub Utara hampir berlubang.

"Padahal, waktu masyarakat dunia menghentikan aktivitasnya sekitar 3 bulan karena adanya wabah Corona. Kerusakan bumi yang disebabkan ulah manusia selama kurang lebh 30 tahun, bisa kembali seperti sebelumnya dan kondisi bumi jadi lebih baik,"katanya.

Lantaran itu, lanjut Elmy, bola bola semen yang seluruhnya nanti akan berumlah 30 buah itu, akan dilukis fauna dan flora yang merupakan isi dunia, sebagai lambang kelestarian alam.

"Bola bola asesoris taman alun alun Magetan itu akan dilukis dengan berbagai jenis hewan dan tumbuh tumbuhan. Kalau sekarang belum selesai. Akhirnya masyarakat ada yang menyebut bola bola semen itu sebagai tanda tahun wabah virus Corona," kata Elmy Kurnianto.

Kisah Pria Batal Nikah karena Tak Sekolah Tinggi Dulu Viral, Berawal dari Hitungan, 1 Fakta Terkuak

Penulis: Doni Prasetyo

Editor: Arie Noer Rachmawati

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved