Breaking News:

Laut China Selatan Makin Panas, Amerika Serikat Siapkan Operasi Tempur Kapal Perangnya, China Keder?

Polemik Laut China Selatan memanas. Amerika Serikar siapkan operasi tempur kapal perangnyam. Lalu bagaimana sikap China?

Editor: Januar
Laut China Selatan Makin Panas, Amerika Serikat Siapkan Operasi Tempur Kapal Perangnya, China Keder?
Istimewa via Intisari
Amerika Serikat siapkan operasi tempur di Laut China Selatan

Polemik Laut China Selatan memanas. Amerika Serikat siapkan operasi tempur kapal perangnyam. Lalu bagaimana sikap China?

TRIBUNJATIM.COM - Wilayah Laut China Selatan terus menjadi rebutan beberapa negara, khususnya China dan Amerika Serikat.

Belakangan, ketegangan kedua negara semakin meninggat di wilayah tersebut.

Angkatan Laut AS sedang mempersiapkan serangan yang ekspansif dari dua kapal perang di Pasifik dengan menghubungkan kapal induk USS Theodore Roosevelt dan USS Nimitz Carrier Strike Groups untuk operasi gabungan di dekat Selat Taiwan dan Laut China Selatan.

Latihan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa proyeksi daya kapal perang AS dalam kondisi siap, mampu dan sangat fungsional jika diperlukan untuk meluncurkan operasi tempur terkoordinasi di daerah tersebut.

Melansir The National Interest, Komandan Angkatan Laut merujuk latihan ini sebagai upaya khusus untuk mempertahankan "kesiapan" di wilayah yang sangat rentan dan bertekanan tinggi.

Soekarno Gagal Kabur Saat Soeharto Berkuasa, Pengawal Sebut karena 1 Hal hingga Pesan untuk Megawati

Dia juga mengakui ketegangan yang terjadi antara AS-Tiongkok saat ini.

"Ini adalah kesempatan besar bagi kita untuk berlatih bersama dalam skenario yang kompleks," jelas Laksamana Muda Doug Verissimo, komandan Carrier Strike Group (CSG) 9, mengatakan dalam laporan Angkatan Laut seperti yang dikutip dari The National Interest.

Dia menambahkan, "Dengan bekerja bersama dalam lingkungan ini, kami meningkatkan keterampilan taktis dan kesiapan kami dalam menghadapi wilayah yang semakin tertekan dan Covid-19."

Menurut pernyataan resmi Angkatan Laut AS, kelompok serangan AS tersebut akan mendukung latihan pertahanan udara, pengawasan laut, pengisian kembali di laut, pelatihan tempur udara defensif, serangan jarak jauh, manuver terkoordinasi dan latihan lainnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved