Bupati Rijanto Ikuti Webinar Kesiapan Pemkab Blitar Menyelenggarakan Pendidikan di Era New Normal

Bupati Blitar, Rijanto mengikuti web-seminar (webinar) tentang Kesiapan Pemkab Blitar Menyelenggarakan Pendidikan di Era New Normal, Rabu (24/6/2020).

Surya/samsul hadi
Bupati Blitar, Rijanto memberi sambutan saat membuka acara Webinar tentang Kesiapan Menyelenggarakan Pendidikan di Era New Normal, di RTH Kanigoro, Rabu (24/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Bupati Blitar, Rijanto mengikuti web-seminar (webinar) tentang Kesiapan Pemkab Blitar Menyelenggarakan Pendidikan di Era New Normal, Rabu (24/6/2020).

Kali ini, webinar diselenggarakan di tempat terbuka di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kanigoro. Bupati bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kepala sekolah duduk di bawah pohon sambil menikmati udara sejuk di RTH Kanigoro.

Webinar disiarkan langsung lewat Zoom Meeting Apps dan Chanel YouTube Pemda Kab Blitar. Pemateri dalam webinar, yaitu, Bupati Blitar, Rijanto; Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjoko; dan Guru Besar Bidang Teknologi Pendidikan, Prof Dr Mustaji, MPd.

Usai acara, Bupati Blitar, Rijanto mengatakan Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar sudah menyiapkan sarana prasarana dalam menghadapi era new normal.

Semua lembaga sekolah pada semua tingkatan sudah menyediakan sarana prasarana untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

2 Kafe Karaoke Lamongan Blak-blakan Buka di Tengah Pandemi, Jual 96 Miras, Pemilik Terancam Pidana

Soal Renegosiasi Kontrak Pemain dan Pelatih, Manajemen Arema FC Bicara Lewat Agen

"Semua sekolah sudah menyediakan sarana prasarana protokol kesehatan, mulai termogun, tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan masker untuk menghadapi new normal di bidang pendidikan," kata Rijanto.

Dikatakannya, pengaturan tempat duduk dan meja untuk belajar siswa juga diatur dengan jarak. Jumlah rombongan belajar di kelas juga dikurangi untuk penerapan physical distancing saat proses belajar.

"Kalau biasanya ada 40 siswa dalam satu kelas, nanti akan dikurangi menjadi separuh. Siswa masuk secara bergilir," ujarnya.

Rijanto berharap perkembangan situasi Covid-19 di Kabupaten Blitar terus menjadi baik. Tingkat penyebaran Covid-19 di Kabupaten Blitar bisa terus ditekan sehingga bisa berubah menjadi zona hijau.

Dengan berubah jadi zona hijau, Kabupaten Blitar bisa segera melaksanakan proses belajar dengan cara tatap muka saat new normal.

"Kalau masuk zona hijau, kami bisa melakukan proses belajar mengajar dengan tatap muka. Tentunya, kami tetap harus membahas dulu rencana itu dengan Dinas Pendidikan, sekolah, dan komite sekolah," katanya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved