Puluhan Sex Toys dan Jutaan Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan Bea Cukai Malang

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Bea Cukai Malang melaksanakan kegiatan pemusnahan barang milik negara dari hasil penindakan Januari-Juni 20

SURYA/RIFKY EDGAR
Petugas menunkkan barang-barangya sebelum pemusnahan barang ilegal yang dilakukan oleh Bea Cukai Malang bersama Satpol PP, TNI/Polri di halaman kantor Bea Cukai Malang, Kamis (25/6) 

 TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Bea Cukai Malang melaksanakan kegiatan pemusnahan barang milik negara dari hasil penindakan Januari-Juni 2020, Kamis (25/6).

Barang-barang yang dimusnahkan tersebut berupa rokok ilegal berbagai merk, puluhan sex toys, minuman keras, dan liquid vape.

Kepala kantor Bea Cukai Malang, Latif Helmi menyampaikan, bahwa pihaknya telah mendapatkan 100 Surat Bukti Penindakan (SBP) dari semester pertama ini.

Penindakan tersebut didapatkan dari 82 barang kiriman kantor POS, 14 penindakan terhadap BKC hasil tembakau (HT), 3 penindakan BKC MMEA dan 1 penindakan BKC HPTL.

"Hasil penindakan ini didapati karena melanggar undang-undang kepabeanan dan undang-undang cukai. Dan barang tersebut harus dimusnahkan," ucapnya.

Total 3.626.676 batang rokok ilegal (BKC HT) telah dimusnahkan dalam rilis yang digelar di halaman kantor Bea Cukai Malang tersebut.

43 botol vape (BKC HPTL), 295 botol miras (BKC MMEA) dan 74 item sex toys, suplemen dan obat-obatan dari kiriman kantor pos.

Ucapan Ibu Mertua Bongkar Sikap Zaskia Gotik, 1 Pesan Sebelum Pisah Balik ke Jakarta: Jangan Marah

Jawaban Bijak Nagita Slavina Ditanya Perasaannya untuk Raffi Ahmad, Ya Enggak Cinta Terus-terusan

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono Hadiri Wisuda AAL dengan Protokoler Kesehatan

Kerugian yang dialami negara dari hasil penindakan tersebut ditaksir mencapai Rp 2.147.530.250.

"Barang hasil penindakan ini merupakan hasil kerjasama Bea Cukai Malang dengan Satpol PP Malang Raya, dan TNI/Polri dalam rangka pengamanan penerimaan negara," ucapnya.

Meski demikian, lanjut Latif, terjadi penurunan hasil penindakan di awal semester pertama di tahun 2020 jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu.

Halaman
12
Penulis: Rifki Edgar
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved