Penerima Kartu Sahabat di Kota Kediri Tahap Kedua Bertambah 9.685 KPM

Pemkot Kediri kembali membagikan kartu Santunan Bencana Tunai (Sahabat) tahap kedua. Penyaluran kartu Sahabat tahap kedua berlangsung mulai Jumat (26/

TRIBUNJATIM.COM/DIDIK MASHUDI
Abdul Kanan, warga terdampak pandemi virus Corona di Kota Kediri mendapatkan bantuan Kartu Sahabat dan beras 10 kg setiap bulan, Rabu (6/5/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Pemkot Kediri kembali membagikan Kartu Santunan Bencana Tunai (Sahabat) tahap kedua. Penyaluran kartu Sahabat tahap kedua berlangsung mulai Jumat (26/6/2020) hingga Kamis (2/7/2020).

Masyarakat penerima kartu Sahabat menerima bantuan beras 10 kg dan uang tunai Rp 200.000 per bulan melalui Bank Jatim.

Data dari Kantor Dinas Sosial Kota Kediri, pembagian tahap kedua ini terdiri dari 22.774 keluarga penerima manfaat (KPM). Ada tambahan 9.685 KPM baru dibandingkan yang disalurkan tahap pertama sebanyak 13.089 KPM.

Rinciannya, Kecamatan Kota 7.174 KPM, Kecamatan Mojoroto 8.780 KPM dan Kecamatan Pesantren sebanyak 6.820 KPM.

Triyono Kutut, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri menjelaskan, tahap pertama masih banyak kendala dan perlu juga rekonsiliasi dengan Bank Jatim.

"Supaya datanya valid, maka perlu pemadanan data kembali,” jelasnya kepada TribunJatim.com.

Penyaluran kartu Sahabat tahap kedua ini sekaligus menjawab pertanyaan masyarakat yang sempat meragukan keberlanjutan Kartu Sahabat. Sebab pada tahap kedua dibagikan menjelang akhir bulan sementara tahap pertama pada awal bulan.

Sementara Djaelani, Lurah Setono Gedong menjelaskan, di kelurahanya terdapat 75 KPM yang menerima Kartu Sahabat dan beras.

“Penerima kartu lama sebanyak 40 KPM, ada penambahan 35 KPM penerima kartu baru. Jadi total 75 KPM,” kata Djaenuri kepada TribunJatim.com.

Terkuak Pemicu Geger Anggota DPRD Ngamuk di Pendopo Tulungagung, Hutang Pemenangan Pilkada Rp 6,1 M

Gus Yani Ungkap Alasan Gandeng Ning Min: Tak Ingin Perempuan Hanya Jadi Objek

Liverpool Juara Liga Inggris Paling Awal dalam Sejarah, The Reds Ukir Rekor Tergila Liga Inggris

Penambahan data ini memastikan bahwa seluruh warga yang terdampak mendapatkan bantuan, dengan bantuan dari RT/RW dan lurah untuk mendata warganya secara lebih detail.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sebelumnya memastikan semua warga yang terdampak pandemi Covid 19 mendapatkan bantuan sosial.

Kartu Sahabat diberikan untuk semua warga Kota Kediri selain TNI/Polri, PNS aktif dan pensiunannya, serta pengusaha dan pegawai swasta yang berpendapatan diatas UMK.(dim/Tribunjatim.com)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved