Virus Corona di Surabaya

Pelindo III Terapkan Skema Baru Pelayanan di Area Pelabuhan saat Masa Transisi, Cegah Sebaran Corona

PT Pelindo III telah menyiapkan skema pelayanan di area pelabuhan di bawah wilayah kerjanya.

ISTIMEWA
Pemeriksaan di pelabuhan yang dikelola Pelindo III dengan skema baru untuk pencegahan penyebaran Covid-19. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Pelindo III telah menyiapkan skema pelayanan di area pelabuhan di bawah wilayah kerjanya.

Skema baru ini diterapkan untuk memastikan seluruh kegiatan pelabuhan khususnya terminal penumpang sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

"Implementasi protokol kesehatan di area pelabuhan penumpang dimulai dengan menerapkan layanan berbasis teknologi dalam hal pelayanan, seperti penggunaan thermal scanner untuk mendeteksi suhu tubuh calon penumpang," kata Putut Sri Muljanto, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III, Senin (29/6/2020).

13 Provinsi di Indonesia yang Nol Kasus Baru Covid-19, Total Pasien Positif Capai 55.092 per 29 Juni

Sementara itu penggunaan masker serta penerapan physical distancing juga di berlakukan dengan ketat kepada seluruh calon penumpang dan petugas yang berada di area terminal serta pemasangan automactic flap barrier atau pintu penumpang otomatis berbasis QR Code.

Hal ini untuk mengurangi tatap muka secara langsung antara petugas dan penumpang.

Putut menambahkan, penerapan pola protokol baru di tengah pandemi merupakan upaya Pelindo III untuk tetap bisa menjalankan pelayanannya kepada masyarakat.

Viral Siswi Tertangkap Ayahnya Ngamar di Hotel Masih Pakai Seragam, Psikolog Beber & Kuak Pemicunya

Malam Pertama Berubah jadi Tragedi Maut, Ciuman Suami Bikin Istri Tewas, Penyebab Dikuak Dokter

"Sekaligus upaya mencegah penyebaran Covid-19 sesuai dengan arahan Menteri BUMN," ujar Putut.

Sementara untuk pemberlakukan syarat berpergian sesuai aturan Kementerian Perhubungan pihaknya akan bekerja sama dengan KKP setempat dan operator kapal untuk validasi syarat tersebut sebelum berpergian.

“Sesuai dengan arahan dari Menteri BUMN, sebagai operator pelabuhan yang juga melayani pergerakan penumpang kami telah menyiapkan berbagai skema pelayanan baru yang mengedepankan protokol kesehatan ketat di tengah pandemi," jelas Putut.

UPDATE CORONA di Indonesia Senin 29 Juni 2020, Tambah 1.082 Kasus Baru, Total 55.092 Pasien Positif

Sejalan dengan Pelindo III, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kebijakan di pelabuhan khususnya Pelindo III sebagai operator dalam pemberlakukan pola new normal ini.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved