Breaking News:

Tren Permintaan Produk Tambang di Tengah Pandemi Mulai Naik, Pasar Internasional Sudah Buka Diri

Harga sejumlah komoditas produk pertambangan menunjukkan tren positif di tengah pandemi Covid-19.

ISTIMEWA
ILUSTRASI Produk pertambangan menunjukkan tren positif selama pandemi Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Harga sejumlah komoditas produk pertambangan menunjukkan tren positif di tengah pandemi Covid-19.

Kondisi tersebut mempengaruhi harga penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) produk pertambangan yang dikenakan bea keluar (BK) untuk periode Juli 2020.

Ketentuan ini ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 60 Tahun 2020 pada 26 Juni 2020.

Pasien BPJS Tuban Ditarik Biaya Rapid Test Covid-19, Setelah Lapor, Uang Dikembalikan

“HPE produk pertambangan periode Juli 2020 mengalami fluktuasi. Di antaranya komoditas konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat mangan, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat pasir besi dan bauksit yang telah dilakukan pencucian mengalami kenaikan dibandingkan periode bulan lalu," ujar Plt Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Srie Agustina, Selasa (30/6/2020).

Menurutnya, kenaikan harga tersebut dikarenakan pasar internasional sudah mulai membuka diri dan sudah terdapat peningkatan permintaan pada beberapa komoditas produk pertambangan.

Sedangkan, untuk komoditas konsentrat ilmenite dan konsentrat rutil masih mengalami penurunan dikarenakan permintaan terhadap produk tersebut belum sepenuhnya normal.

Adik Via Vallen Tak Percaya Pembakar Mobil Kakaknya Ternyata Vianisti: Masa Fans Senekat itu, Nggak

Cewek Ngamuk Ditinggal Mantan Nikah, Hajar Sang Cowok di Pelaminan, Banjir Tangis, Lihat Endingnya

Sementara terkait sejumlah produk pertambangan yang dikenakan BK, ia mengatakan adalah konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat mangan, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat ilmenit, konsentrat rutil, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian.

Ia juga mengatakan, perhitungan harga dasar HPE untuk komoditas konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, konsentrat mangan, konsentrat ilmenit, dan konsentrat rutil bersumber dari Asian Metal dan Iron Ore Fine Australian.

Sedangkan konsentrat tembaga, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat timbal, konsentrat seng, dan bauksit bersumber dari London Metal Exchange (LME).

Malam Pertama 48 Jam Berujung Kematian, Istri Tewas karena Ulah Mengerikan Suami, Baru 8 Hari Nikah

Halaman
12
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved