Lagi, Inflasi Kota Malang Bulan Juni 2020 Tertinggi di Jawa Timur

Kota Malang kembali mengalami inflasi di bulan Juni tahun 2020 sebesar 0,44 persen. Inflasi tersebut menjadi yang tertinggi di Jawa Timur

Surya/ Samsul Hadi
Sentra stan penjual daging ayam. Harga daging ayam di Pasar Legi tembus Rp 32.000 per kg dua hari menjelang puasa. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Kota Malang kembali mengalami inflasi di bulan Juni tahun 2020 sebesar 0,44 persen. Inflasi tersebut menjadi yang tertinggi di Jawa Timur selama dua bulan berturut.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang Sunaryo menerangkan penyumbang inflasi paling besar berasal dari kelompok bahan makanan. Daging ayam ras yang harganya naik sebesar 12,81 persen memiliki andil tertinggi terhadap inflasi yakni 0,15 persen.

“Selain itu juga penyumbang inflasi lain adalah angkutan udara yang menyumbang inflasi 0,09 persen,” kata Sunaryo, Rabu (1/7/2020).

Selain itu, kenaikan harga pakaian, turut memiliki andil terhadap inflasi Kota Malang sebesar 0,02 persen. BPS mencatat harga pakaian wanita pada bulan Juni naik sebesar 6,87 persen.

Marak Aksi Bawa Pulang Paksa Jenazah Covid-19, Polda Jatim Perketat Pengamanan 99 RS Rujukan

Bujuk Rayu Maut Intel Polisi Gadungan, Tipu Gadis Hasil Kenalannya di FB, Dipacari hingga Disetubuhi

Pemkab Tulungagung Akan Evaluasi Bantuan Seragam Sekolah, Hanya Untuk Warga Tidak Mampu

Sementara penghambat inflasi adalah kelompok kesehatan dan turunnya harga emas. Obat dengan resep mengalami penurunan harga sebesar 6,83 persen dan menghambat laju inflasi 0,04 persen.

“Harga emas turun 2,22 persen dan menghambat inflasi 0,02 persen,” jelas Sunaryo.

Meski inflasi di Kota Malang menjadi yang paling tinggi di Jatim, Sunaryo mengatakan hal itu adalah pertanda baik. Katanya, sedang terjadi geliat ekonomi setelah sempat lesu akibat pandemi Covid-19.

“Inflasi ini menunjukkan geliat ekonomi di Kota Malang,” ucapnya.

Seluruh kota dan kabupaten indeks harga konsumen (IHK) di Jawa Timur mengalami inflasi pada bulan Juni 2020. Inflasi tertinggi kedua dan ketiga terjadi di Surabaya dan Jember yang masing-masing sebesar 0,28 persen dan 0,30 persen. Sementara inflasi terendah terjadi di Kabupaten Banyuwangi yakni sebesar 0,06 persen.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved