Breaking News:

Virus Corona di Surabaya

Mengandung Saat Pandemi Covid-19, POGI Imbau Ibu Hamil Lakukan Rapid Test

Ibu hamil (bumil) adalah golongan yang rentan tertular virus Corona atau Covid-19. Untuk itu saat akan melahirkan tim medis perlu memastikan statusnya

Shutterstock
ILUSTRASI - Ada sekitar 400.000 kehamilan baru di Indonesia saat pandemi Covid-19. 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ibu hamil (bumil) adalah golongan yang rentan tertular virus Corona atau Covid-19. Untuk itu saat akan melahirkan tim medis perlu memastikan status Covid-19 pada Ibu hamil.

Sebab jika sang ibu tertular virus Corona atau Covid-19, itu memungkinkan bisa menular ke bayi, tenaga kesehatan yang menangani dan ke pasien lain.

"PR juga untuk kami, bahwa ibu hamil mungkin saat 37 minggu musti dilakukan rapid test. Datang ke RS bersalin juga harus di rapid tes ulang begitu," kata dr Brahmana Askandar Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Surabaya, Kamis (2/7/2020).

Selain rapid test, jika bumil memiliki waktu lebih, Brahmana lebih menyarankan untuk melakukan tes Swab PCR agar segera mengetahui status Covid-19 yang lebih akurat.

"Idealnya swab tapi swab butuh waktu. Rapid itu yang memungkinkan. Kalau lebih bagus tes cepat molekuler tapi lebih susah ketersediaannya lebih jarang," ucapnya kepada TribunJatim.com.

BMKG Karangkates Malang: Jatim Diguncang Gempa Bumi 39 Kali Selama Juni 2020

Mau Pulang ke Rumah, Mobil Ertiga Dihantam KA di Lamongan dan Terseret 15 Meter, Balita Tewas di TKP

VIRAL Gadis ABG Dihajar di Lapangan, Sampai Bersujud, Berawal dari Perang di WA, Polisi Bertindak

Perlu diketahui, jika status bumil terkonfirmasi corona, di Surabaya, terdapat enam RS rujukan untuk persalinan.

Diantaranya adalah RSU dr Soetomo, RS Angktan Laut (RSAL), RSUD BDH, RSUD Soewandhie, RS Unair dan RS Husada Utama, cukup banyak.

Namun seperti yang diberitakan sebelumnya, saat ini rumah sakit rujukan tersebut dipenuhi bumil yang terinfeksi corona. Untuk itu, kini pihaknya sedang mendorong agar setiap RS bersalin memiliki fasilitas ruang isolasi bagi ibu hamil yang terpapar virus Corona atau Covid-19.

"Nanti semua RS bersalin kami minta untuk menguprade agar ada ruang isolasi agar beban RS rujukan berkurang," pungkasnya. (Tony H/Tribunjatim.com)

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved