Breaking News:

Agus Turcham Jadi Kandidat Terkuat Pengganti Posisi Muhammad Kholid di KPU Surabaya

Ketua KPU Kota Surabaya mengaku tidak mengetahui siapa yang akan menggantikan posisi Muhammad Kholid, karena mekanisme PAW ditentukan oleh KPU RI.

SURYA/Zaimul Haq
Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surabaya M Kholid Asyadulloh (kiri) menunjukkan sampai saat ini ada empat bakal pasangan calon perseorangan atau independen yang sudah mengambil username password untuk silon. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Komisioner KPU Kota Surabaya, Muhammad Kholid Asyadulloh, Rabu (8/7/2020).

Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi mengaku tidak mengetahui siapa yang akan menggantikan posisi Muhammad Kholid Asyadulloh, karena mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW) ditentukan oleh KPU RI.

"Itu otoritas KPU RI, kita tinggal menunggu," kata Nur Syamsi, Kamis (9/7/2020).

Namun begitu, jika dilihat berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu), komisioner KPU provinsi maupun KPU kabupaten/kota diberhentikan oleh KPU RI. Selanjutnya komisioner KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota masing-masing digantikan calon anggota urutan berikutnya dari hasil pemilihan yang dilakukan KPU RI.

Jika dilihat dari keputusan KPU RI nomor 1052/PP.06-Kpt/06/KPU/VI/2019 tanggal 11 Juni 2019 tentang penetapan calon anggota KPU kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur periode 2019-2024 berdasarkan urutan peringkat teratas adalah sebagai berikut:

1. Muhammad Kholid

2. Naafilah Astri

3. Nur Syamsi

4. Subairi

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved