Breaking News:

Bupati Pasuruan Aktifkan Kembali Olahraga Rutin Setiap Jumat Untuk Para ASN

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengaktifkan kembali olahraga rutin di Hari Jumat, setelah dinonaktifkan selama pandemi virus Corona atau Covid-19.

(Surya/Galih Lintartika)
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf ajak ASN berolah raga 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengaktifkan kembali olahraga rutin di Hari Jumat, setelah dinonaktifkan selama pandemi virus Corona atau Covid-19 .

Hal itu disampaikan dalam olahraga yang digelar di Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan, Bangil Jumat (10/07/2020) pagi. Bupati Pasuruan dan Wakil Bupati mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) melaksanakan senam aerobic.

Senam ini dilakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Menurut Bupati Irsyad, seluruh karyawan wajib memakai masker atau face shield (penutup wajah) selama berkegiatan.

Selain itu, setiap peserta senam harus menjaga jarak aman (physical distanding), yakni antara 1-2 meter.

“Senang sekali bisa melihat karyawan-karyawati olahraga bersama. Tapi saya tekankan untuk betul-betul melaksanakan protokol kesehatan,” kata Irsyad, di sela-sela acara.

Dijelaskan Irsyad, olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan untuk menjaga imunitas atau aya tahan tubuh.

Ijab Kabul Berantakan, Mertua Pria Emosi & Datang Tiba-tiba, Berhenti, Fakta Pilu Si Cewek Terkuak

Muncul Bukti Virus Covid-19 Tersebar Lewat Udara, Penelitian Soal Ruang Tertutup, Waspada Hal Ini

PCNU Tulungagung Mengeluarkan Fatwa Haram ke Auto Gajian

Apalagi saat ini, Menteri Kesehatan RI juga sudah menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang protokol kesehatan bagi masyarakat dan tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Aturan dari Kementrian Kesehatan ada prosedurnya. Baik peserta maupun instruktur senam. Aturan inilah yang harus kita jalankan dengan sebaik-baiknya,” sambungnya kepada TribunJatim.com.

Beberapa aturan yang harus diterapkan oleh peserta olahraga.Pertama, untuk pihak penyelenggara wajib memantau dan memperbaharui perkembangan informasi tentang Covid-19 di wilayahnya.

Memastikan penerapan jaga jarak yang dapat dilaksanakan dengan menyesuaikan jumlah peserta dengan luas lokasi dan jarak minimal 2 meter antar peserta.Menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun atau handsanitizer di lokasi kegiatan.

Memastikan tidak terdapat penggunaan alat olahraga yang dipakai bersama, serta harus dapat memastikan tidak terjadi kerumunan.

Sedangkan untuk peserta wajib memastikan kondisi tubuh sehat sebelum berolahraga. Jika ada keluhan demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas, tetap tinggal di rumah dan olahraga dilakukan di dalam rumah.

Menghindari olahraga yang membutuhkan kontak fisik. Menerapkan prinsip jaga jarak saat berolahraga. Menggunakan masker saat berolahraga dan menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir ataumenggunakan handsanitizer sebelum dan sesudah olahraga.

“Yang jelas, setelah berolahraga, ingat, untuk selalu segera cuci tangan, mandi, ganti pakaian, dan bersihkan alat olahraga dan barang bawaan kita seperti handphone, kacamata, tas dan barang bawaan lainnya dengan cairan disinfektan," tutup Irsyad. (lih/TribunJatim.com)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved