Breaking News:

Kantor Imigrasi Surabaya Laksanakan Diseminasi Peraturan Layanan Izin Tinggal Keimigrasian

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya melakukan kegiatan diseminasi kebijakan keimigrasian terbaru untuk orang asing kepada stakeholder terkait.

istimewa
Pimpinan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya saat menggelar pertemuan 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebagai wujud pelayanan keimigrasian yang maksimal khususnya bagi Warga Negara Asing (WNA), Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya melakukan kegiatan diseminasi kebijakan keimigrasian terbaru untuk orang asing kepada stakeholder terkait.

Berlangsung di Ruang Rapat Kanim Surabaya, kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Konsulat Jenderal di Surabaya, antara lain; Korea Selatan, Jepang, Jerman, Belanda.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Bapak Is Edy Ekoputranto dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah langkah kongkrit yang dilakukan dalam hal penyebaran kebijakan keimigrasian untuk menghindari informasi yang simpang siur.

Materi dalam kegiatan diseminasi tersebut adalah Surat Edaran Dirjen Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Nomor IMI-GR.01.01-1102 Tahun 2020 tentang Layanan Izin Tinggal Keimigrasian dalam Tatanan Kenormalan Baru.

Dalam Surat Edaran tersebut disebutkan kewajiban yang harus dipatuhi bagi orang asing pemegang Izin Tinggal Kunjungan, Izin Tinggal Terbatas, Izin Tinggal Tetap, Visa Kunjungan Saat Kedatangan, dan Bebas Visa Kunjungan yang masih ada di Indonesia.

Amanda Caesa Anak Parto Sudah Kantongi Restu Saat Dijodohkan Maia dengan Dul Jaelani

Tanggapan Atta Halilintar Ditanya Soal Restu Krisdayanti Nikahi Aurel, Semoga Aku Bisa Deket

2 Karyawan TV Surabaya Meninggal Positif Covid-19, Gugus Tugas Jatim Dalami Klaster Kantor Media

Sebelumnya, WNA pemegang Izin Tinggal Kunjungan, Izin Tinggal Terbatas, Izin Tinggal Tetap, Visa Kunjungan Saat Kedatangan, dan Bebas Visa Kunjungan yang berada di Indonesia mendapatkan kemudahan untuk tinggal di Indonesia selama masa pandemi virus Corona atau Covid-19 yang lalu. Hal ini disebabkan karena pembatasan keluar masuk orang sebagai bagian dari pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Berdasarkan Surat Edaran tersebut, beberapa poin yang dapat digarisbawahi adalah pertama, layanan keimigrasian untuk WNA sudah kembali dibuka di setiap Kantor Imigrasi di seluruh Indonesia. Kedua, Emergency Stay Permit atau Izin Tinggal Keadaan Terpaksa (ITKT) yang sebelumnya diberlakukan untuk WNA ditanyakan tidak berlaku sejak diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor : IMI-GR.01.01-1102 tahun 2020 tertanggal 13 Juli 2020.

Ketiga, untuk setiap Warga Negara Asing yang berada di wilayah Republik Indonesia diharapkan untuk mengurus izin tinggalnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam tatanan kenormalan baru. Keempat, jika warga negara Asing tidak mentaati ketentuan yang berlaku maka akan dikenakan tindakan administratif Keimigrasian.

Namun demikian, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya memberikan kesempatan bagi WNA dan/atau penjamin WNA tersebut untuk bertanya dan berkonsultasi perihal status keimigrasian WNA tersebut melalui layanan call center, whatsapp, ataupun media sosial resmi dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya

Penulis: Yoni Iskandar
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved