Breaking News:

Virus Corona di Banyuwangi

Bupati Banyuwangi, Anas Sharing Strategi New Normal Pariwisata ke Ratusan Pelaku Wisata Jatim

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memaparkan strategi pariwisata Banyuwangi di era normal baru pada 300 pelaku pariwisata se-Jatim.

Surya/Haorrahman
Bupati Banyuwangi Anas saat menggelar musyawarah online bareng pelaku wisata se-Banyuwangi 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memaparkan strategi pariwisata Banyuwangi di era normal baru pada 300 pelaku pariwisata se-Jatim.

"Jualan kita tak lagi sekadar harga murah dan suguhan wisata yang indah. Namun, juga harus memenuhi protokol kesehatan dan keamanan," kata Abdullah Azwar Anas, Kamis (16/7).

Diskusi yang dikemas dalam webinar itu digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur. Dalam seminar online tersebut, Bupati Anas memaparkan bahwa basis utama pariwisata Banyuwangi saat ini adalah penerapan protokol kesehatan ketat di berbagai lini pariwisata.

Webinar yang diikuti lebih dari 300 pelaku pariwisata se-Jatim tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jatim, Difi Ahmad Johansyah. Selain juga diikuti sejumlah perwakilan Bank Jatim se-Indonesia.

Dalam seminar tersebut, Anas memaparkan sejumlah konsep new normal pariwisata yang telah disiapkan oleh Banyuwangi. Persiapan new normal pariwisata di Banyuwangi dilakukan dengan memadukan teknologi dan kesehatan.

Sebelumnya, lanjut Abdullah Azwar Anas, pihaknya juga melakukan konsolidasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama untuk untuk penerapan new normal dalam masyarakat. Tak ketinggalan, lanjut Anas, pemkab juga menggelar musyawarah online dengan ratusan pelaku wisata se-Banyuwangi.

Sikap Mesra Aurel & Atta Settingan? Bocor Momen Berdua yang Diam-diam Direkam Melaney Ricardo: Elus

Pemkab Malang Jalin Kerjasama dengan TNBTS Untuk Membangun Infrastruktur Jalan

Pekerja Luar Kota Bawa Surat Bebas Corona, Pemkot Surabaya Bakal Monitor Ketat di Terminal & Stasiun

"Saat itu, kami mengajukan konsep wisata yang harus dipenuhi seluruh pelaku usaha pariwisata sebelum keran pariwisata dibuka. Bahwa pariwisata ke depan, tidak lagi sekedar menyajikan leisure, namun ke depan itu konsep wisatanya aman, bersih, dan sehat seperti yang dipandukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Harapannya, agar siapapun yang berwisata ke Banyuwangi bisa merasa aman dan nyaman," jelasnya.

Konsolidasi dengan banyak pihak ini, kata Anas, mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi.

"Saat kunjungan kerja ke Banyuwangi akhir Juni lalu, Presiden menilai Banyuwangi telah menyiapkan daerahnya menuju prakondisi normal baru berkat kolaborasi peran pemerintah daerah dan masyarakatnya. Tentunya, ini juga tak lepas dari arahan Ibu Gubernur agar penanganan covid menyinergiskan seluruh elemen masyarakat,” ujarnya

Sejumlah inovasi juga telah disiapkan oleh Banyuwangi. Di antaranya melakukan fasilitasi teknologi di sejumlah tempat wisata dan sarana pendukungnya.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved