Breaking News:

Wirausaha Bisa Jadi Solusi Jika Terkena PHK, Begini Penjelasan Enterpreuner asal Surabaya

Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia membuat banyak para perusahaan pun melakukan pengurangan tenaga kerja ataupun PHK.

TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Enterpreuner & Communication asal Surabaya, yakni Nur Annafi saat hadir diacara virtual seminar "Bincang Bisnis Kreatif Dimasa Pandemi" yang digelar oleh Forever Youth Crew, bertempat di Hotel Zest Jemur Sari, Surabaya. Kamis (16/7/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia membuat banyak para perusahaan pun melakukan pengurangan tenaga kerja ataupun PHK.

Dampak dari PHK pun akan mengakibatkan orang yang terkena mengalami krisis ekonomi, bahkan kejiwaannya pun juga terkena jika terlalu lama berdiam diri dirumah.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh satu diantara Enterpreuner & Communication asal Surabaya, yakni Nur Annafi.

Kena PHK Covid-19, Mahasiswa Unitomo Surabaya Buat Forever Youth Crew, Putar Roda Ekonomi Sendiri

Marak PHK saat Pandemi Corona, Siswa dan Guru di Madiun Bikin Mobil Listrik UMKM, Dijual Rp 20 Juta

Mahasiswa Unidha Kota Malang Demo Curhat Orang Tua Kena PHK, Minta Bantuan ke Pemda Tak Ada Hasil

"Orang yang terkena PHK tidak hanya membuat roda ekonominya dilingkungan keluarganya juga rapuh namun kejiwaannya juga akan terganggu seperti misalnya stress karena terlalu lama mengganggur dirumah," kata Nur Annafi kepada TribunJatim, Kamis (16/7/2020) diacara virtual seminar "Bincang Bisnis Kreatif Dimasa Pandemi" yang digelar oleh Forever Youth Crew, bertempat di Hotel Zest Jemur Sari, Surabaya.

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya kondisi itu semua, seorang yang terkena PHK agar sesegera mungkin untuk beralih profesi sebagai wirausaha saja.

Terkait bagaimana cara mengatur strategi awal untuk menjadi seorang wirausaha, ia mengatakan diera sekarang jika ada seorang yang merasa menjadi wirausahawan itu sulit berarti memang awalnya niatnya tidak ada sama sekali.

"Jadi memang kunci pertama ataupun utamanya menjadi seorang wirausahawan adalah niat, jika memang sudah ada niat maka ilmu-ilmu lain tentang berwirausaha akan mengalir secara sendirinya," jelasnya.

Jadi, lanjutnya, jika sudah ada niat dan bagaimanapun kondisi ekonomi indonesia, maka berwirausaha pun langsung bisa mengalir begitu saja.

"Hal itu sendiri terjadi, karena diera sekarang sekalipun sedang terjadi wabah pandemi, segala teknologi maupun transformasi digital yang ada akan sangat benar-benar membantu seorang pelaku usaha, seperti misalnya memanfaatkan e-commerce ataupun mendaftar menjadi mitra Gofood dan masih banyak yang lainnya," tambahnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved