Breaking News:

GM FKPPI Jatim Kawal Pembahasan RUU BPIP Hingga Pengesahan

Pengurus Daerah (PD) XIII Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (GM FKPPI) Jatim siap mengawal

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim, Agoes Soerjanto. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pengurus Daerah (PD) XIII Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (GM FKPPI) Jatim siap mengawal pembahasan Rancangan Undang-Undang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (RUU BPIP)  hingga disahkan.

Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim, Agoes Soerjanto, mengatakan pihaknya menyambut baik dan  mengapresiasi langkah lembaga tinggi dan tertinggi negara yang merespon cepat usulan dan dukungan beberapa komponen bangsa dan masyarakat.

"RUU BPIP ini harus kita kawal bersama untuk kemudian segera disahkan. Agar nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan, dijalankan dengan memiliki perlindungan hukum," kata Agoes Soerjanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/7/2020).

Agoes Soerjanto menjelaskan, saat ini RUU BPIP  telah resmi dibahas di DPR RI. Ia berharap tidak lagi ada pihak lain yang merespon negatif dan mengalihkan fokus pembahasannya, apalagi sampai memicu pro dan kontra.

RUU BPIP, lanjut Agoes secara substansi berbeda dari RUU HIP (Haluan Ideologi Pancasila).

Viral Kisah Cinta Guru Honorer & Murid, Kagum dengan Paras Tampan Sang Guru: Mirip Artis Idola Saya

Reaksi Keras Atta Halilintar saat Aurel Hermansyah Dituduh Tak Perawan, Calon Mantu Anang: Dengkul!

VIRAL Emak-emak Joget di Lampu Merah, Bikin Geram & Ramai Dihujat, ini Kata Polisi, Lihat Nasibnya

RUU BPIP sendiri berisikan tugas, fungsi, wewenang, dan struktur Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Oleh karena itu, RUU BPIP tak lagi mengandung pasal-pasal kontroversial yang sempat ditolak publik.

Dengan RUU BPIP, lanjutnya, maka akan ada acuan hukum tegas atau legalitas. Dimana saat ini Indonesia telah memiliki BPIP yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 7 Tahun 2018 oleh Presiden Joko Widodo. BPIP adalah revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP).

“BPIP akan semakin memiliki acuan hukum yang kuat, sistemik dan berkesinambungan dalam melaksanakan tugasnya mendoktrinasi Pancasila di segala bidang dan aspek kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa,” jelasnya kepada TribunJatim.com.

Menurut dia, GM FKPPI yang mewakili generasi muda sangat membutuhkan RUU BPIP ini.

"RUU BPIP adalah acuan hukum pembinaan dan pengamalan Pancasila agar bisa benar-benar dilaksanakan dan dapat terimplementasikan dalam kehidupan aktifitas sosial, serta menjadi pakem kultur masyarakat," lanjutnya.

Oleh karena itu pihaknya optimis RUU BPIP akan disambut baik oleh semua komponen anak bangsa.

Dengan adanya RUU BPIP, harapanya juga akan mengatur bagaimana penanaman nilai nilai Pancasila kembali dilakukan melalui pendidikan sejak mulai dini.

“Melalui pendidikan, Pancasila akan dipahami secara kultural, dan kedepan generasi muda akan siap menjadikan Pancasila sebagai alat pertahanan yang mujarab dalam menangkal segala gangguan dan ancaman globalisasi. Untuk itu kembali saya saya tegaskan, Pancasila jangan dipergunjingkan lagi. Pancasila adalah final,” pungkasnya. 

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved