Breaking News:

Sarang Burung Walet Jatim Beri Kontribusi Besar Ekspor Pertanian, Badan Karantina Apresiasi

Ekspor SBW Indonesia memberi kontribusi besar pada peningkatan ekspor pertanian. Badan Karantina pun mengapresiasi

ISTIMEWA
Ekspor sarang burung wallet asal Jatim. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Meski Australia telah menetapkan aturan baru terkait kebijakan impor di negaranya, namun para eksportir Sarang Burung Walet (SBW) asal Jatim tetap sukses melakukan ekspor ke Australia.

Hal itu terjadi karena Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Karantina Pertanian Surabaya terus melakukan pengawalan serta sosialisasi tentang pemenuhan persyaratan teknis kepada para eksportir pasca Australia telah menetapkan aturan baru terkait kebijakan impor di negaranya.

Hasil dari apa yang telah dilakukan Karantina Pertanian Surabaya itu pun mendapat apresiasi dari Badan Karantina Pertanian Pusat.

Pekerja Luar Surabaya Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19, Persakmi Jatim Dukung: Paparan Bisa Berkurang

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil memberikan apresiasi kepada Karantina Pertanian Surabaya yang telah berhasil memberikan pendampingan kepada pelaku usaha SBW untuk masuk kembali ke pasar Australia.

Melihat kondisi itu pula, Jamil mengatakan sejatinya ekspor SBW Indonesia mampu memberi kontribusi besar pada peningkatan ekspor pertanian.

"Hal itu bisa saya katakan karena sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan kinerja neraca perdagangan sendiri sepanjang semester I 2020 juga memberi sinyal bagus dengan surplus sebesar 5,5 miliar dollar dibanding periode sama tahun lalu," kata Jamil saat dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (18/7/2020).

Pernikahan Kakek Perjaka dan Gadis Cantik 20 Tahun, Mas Kawin Nyaris Rp 10 M, Lihat Tingkah di Pesta

Richard Kyle dan Jessica Iskandar Saling Unfollow Akun IG, Kakak Jedar: Parasit Sangat Berbahaya

Menurutnya sinyal bagus terkait neraca perdagangan sendiri di sepanjang semester I 2020 itu karena sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang terus bertumbuh, antara lain sarang barang walet, kopi, tanaman obat aromatik dan rempah dan biji kakao yang telah memberi kontribusi besar pada peningkatan ekspor pertanian.

"Berkaca dari itu pula serta bersamaan dengan terbukanya kembali pasar Australia maka kami selalu mempersilahkan para pelaku usaha SBW memaksimalkannya dan jika dirasa perlu pendampingan dalam pemenuhan persyaratan teknis, maka jangan pernah ragu-ragu hubungi kami saja," tutup Jamil.

Asmara Nenek Perawan dan Kakek Perjaka Dulu Viral, Jodoh di Usia Senja, Lihat Tingkah setelah Sah!

Penulis: Fikri Firmansyah

Editor: Arie Noer Rachmawati

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved