Achmad Rubaie, Loyalis Zulhas Jadi Calon Kuat Ketua PAN Jatim

Jelang Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur, sejumlah nama masuk dalam bursa kandidat Ketua

TRIBUNJATIM.COM/AQWAMIT TORIK
Suasana Tekad Pemenangan PAN se-Jawa Timur di Jatim Expo International Surabaya, Rabu (7/2/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Jelang Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur, sejumlah nama masuk dalam bursa kandidat Ketua. Di antaranya, Achmad Rubaie, yang kini dicalonkan sebagai Ketua PAN Jatim periode berikutnya.

"Mayoritas DPD (Dewan Pimpinan Daerah) kabupaten/kota menginginkan Pak Achmad Rubaie menjadi Ketua DPW PAN Jatim periode berikutnya," kata Wakil Ketua Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) DPW PAN Jatim, Suli Da'im ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (21/7/2020).

Achmad Rubaie saat ini menjabat Ketua KPPW DPW PAN Jatim. Mantan Anggota DPR RI ini juga pernah mencalonkan sebagai kandidat Wakil Bupati Gresik pada pilkada 2015 lalu.

Diakui oleh Suli, bahwa Achmad Rubaie merupakan barisan pendukung Zulkifli Hasan (Zulhas) pada Kongres PAN awal tahun ini. Bahkan, Achmad Rubaie menjadi penggalang barisan dukungan dari 13 DPD Kabupaten/Kota di Jawa Timur untuk Zulhas.

Hasilnya pun berbuah manis, Zulhas kembali terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode kedua. Padahal, DPW PAN Jatim sempat menyebut seluruh DPD di Jatim mengikrarkan dukungan kepada rival Zulhas, Mulfachri Harahap.

"Selain mendapatkan usulan dari pengurus kabupaten/kota, Pak Rubaie juga berkomunikasi intens dengan Ketua Umum. Pak Rubaie memang gerbong Ketua Umum," kata Suli yang turut mendukung Zulhas tersebut kepada TribunJatim.com.

Pilkada 2020, DPC Gerindra Trenggalek Bakal Usung Petahana: Elektabilitasnya Paling Tinggi

Anak di Bawah Umur di Gresik Jadi Korban Pelecehan: Bu Min: Masa Depan Korban Harus Dijamin

Diajak ke Studio Podcast Atta Halilintar untuk Jadi Bintang Tamu, Aurel: Bohong, Abang Tuh Bucin

Selain dikawal 12 DPD Kabupaten/Kota yang sebelumnya mendukung Zulhas, Suli juga meyakini Rubaie akan didukung oleh seluruh pengurus DPD lainnya.

"Minggu depan kami akan bertemu dengan seluruh pengurus DPD," terangnya kepada TribunJatim.com.

Suli menjelaskan beberapa target PAN Jatim di bawah kepemimpinan Rubaie ke depan. Di antaranya, mengembalikan jumlah kursi PAN di DPRD Jatim.

Yang mana, pada pemilu 2019 jumlah kursi PAN berkurang dari pemilu sebelumnya (7 menjadi 6 kursi). Padahal, akumulasi jumlah kursi DPRD Jatim bertambah dari yang sebelumnya, 100 menjadi 120 kursi.

Selain itu, PAN Jatim juga akan menjadi partai terbuka, khususnya menerima masukan dari para pengurus.

"Semangatnya kebersamaan untuk membesarkan partai," kata Suli.

"Bang Zul (Zulhas, Ketua Umum PAN) juga berpesan agar kami menjalin hubungan yang baik. Tujuan kami menjadi perpanjangan keinginan masyarakat," katanya.

Kepemimpinan Rubaie nantinya juga akan menerima para loyalis Mulfachri di Kongres lalu. Sekalipun, PAN Jatim menjadi motor pendukung Mulfachri terhadap DPW PAN lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved