Revolusi Tribun Network: dari Mata Lokal Menjadi Mata Lokal Menjangkau Indonesia

Tribun Network jaringan media terbesar di tingkat nasional dengan berbagai keberagaman dan diperkuat oleh landasan jaringan media lokal.

ISTIMEWA
Tribun Network Mata Lokal Menjangkau Indonesia 

TRIBUNJATIM.COM - Indonesia dibangun di atas lebih 17 ribu pulau dari Sabang sampai Merauke. Pulau-pulau itu dihuni oleh 1.340 etnis.

Pulau dan etnis bukan cuma jumlah. Mereka melahirkan perspektif, cara pandang. Pula kebudayaan lokal, yang bertransformasi menjadi kebudayaan nasional. Kebudayaan Indonesia.

Muhammad Faisal pernah menyebutkan dalam bukunya “Generasi Phi”, keberagaman budaya ini akan merefleksikan sifat dan identitas individu yang ada.

Drama Istri Hamil Kaget Hadiri Resepsi Suami Sendiri, Nikah Ditunda Polisi Turun, Keluarga Malu

Identitas mereka unik, beragam, dan warna-warni, tercermin dari pakaian tradisional yang berwarna-warni. Merah, kuning, hitam, hijau ... warna-warni Indonesia. A beautiful Indonesia is, actually, a colourful Indonesia.

Di situlah Tribun, sebagai media Koran, hadir dari kota ke kota, dari pulau ke pulau membawa segudang cerita.

Melalui wartawan lokal di berbagai pulau, Tribun menjadi panggung bagi perspektif lokal, mata lokal yang berwarna-warni.

VIRAL Orang Keji Bakar Anak Kucing Hidup-hidup, Suara Terakhir Pilu, Rp34 Juta Bagi Penangkap Pelaku

“Lebih dari 20 tahun, Tribun tumbuh, berkembang, bersama warga lokal. Menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dari masyarakat lokal. Menjadi ikon lokal. Puluhan tahun, Tribun tumbuh bersama klub sepak bola lokal, politik lokal, bisnis lokal, pemerintah lokal, kebudayaan lokal. Membentuk dan dibentuk. Berinteraksi secara dinamis,” ungkap Dahlan Dahi, Vice Chief Excecutive Officer Tribun Network.

Lalu muncul era internet, lanjutnya, yang membuka akses informasi-informasi di pelosok negeri.

Sentrijanto, CEO Tribun Network mengungkapkan, media harus terus berkembang dan fleksibel, serta cepat beradaptasi dalam menyikapi perubahan teknologi, pasar, sosial politik, dan ekonomi.

Wujud Kado Mewah Sirajuddin ke Mertua, Reaksi Ibu Zaskia Gotik Buat Geli Biduan: Lancar Usahanya

“(Muncullah) keinginan untuk menjadikan Tribun Network sebagai jaringan media terbesar di tingkat nasional dengan berbagai keberagaman dan diperkuat oleh landasan jaringan media lokal yang tersebar di seluruh Indonesia, paling besar dan paling berpengaruh di wilayahnya masing-masing”.

Pulau-pulau yang tadinya terkunci, tiba-tiba, seketika terbuka. Informasi dari luar masuk, seperti banjir. Mengalir ke seluruh penjuru bahkan ke seluruh dunia.

Tribunnews.com, yang lahir di Jakarta diperkuat oleh wartawan lokal Jakarta, hingga saat ini bisa memiliki jaringan di seluruh indonesia.

Kebiasaan Malam Mulan Dibongkar Ahmad Dhani, Kecanduan, Singgung Nasib Anak Maia: Punya Kedaulatan

Revolusi Tribun: Dari Mata Lokal Menjadi Mata Lokal Menjangkau Indonesia

Tribun Network menghargai keberagaman Indonesia yang bhineka tetapi satu, dengan menjadi media yang berwarna-warni dan indah, agar Indonesia tetap lestari.

Kompas Gramedia (KG), sang induk Tribun, per 1 Juli 2020, meresmikan Tribun Network sebagai salah satu pilar media untuk menggantikan nama lama Regional News KG Media.

Dulu juga dikenal sebagai Persda (Pers Daerah) atau Group of Regional Newspaper (GoRN).

Saat ini, Tribun Network mengelola 25 surat kabar harian dan sedikitnya 45 jaringan website berita di bawah jaringan Tribunnews.com, dan diperkuat oleh lebih dari 500 jurnalis di lebih dari 260 kabupaten dan kota di Indonesia.

“Tribun Network tetap menjadi bagian dari divisi media KG atau yang dikenal sebagai KG Media,” ungkap Dahlan Dahi.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved