Breaking News:

Hati-hati! Kekurangan Vitamin A pada Anak Dapat Sebabkan Kebutaan

Apa itu KVA? KVA umumnya terjadi pada anak-anak, terutama pada usia 6 bulan hingga 5 tahun

Editor: Dwi Prastika
Shutterstock by Littlekidmoment
Kekurangan vitamin A pada anak dapat sebabkan kebutaan 

TRIBUNJATIM.COM - Vitamin A merupakan zat gizi mikro yang memiliki peran penting bagi tubuh.

Hal ini membuat kita harus memasukkannya ke dalam makanan yang kita konsumsi.

Vitamin A berperan penting dalam banyak proses fisiologis, yaitu menjaga fungsi semua jaringan permukaan (epitel) seperti kulit, lapisan saluran pernapasan, usus, kandung kemih, telinga bagian dalam, dan mata.

Vitamin A juga penting bagi penglihatan, menjaga sistem kekebalan tubuh, untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta kesehatan reproduksi.

Karena vitamin ini sangat penting bagi tubuh, orang yang kekurangan vitamin A akan mengalami kondisi Kekurangan Vitamin A ( KVA ).

Namun seberapa bahayakah kondisi KVA? Apa gejalanya? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini.

Apa itu KVA?

KVA umumnya terjadi pada anak-anak, terutama pada usia 6 bulan hingga 5 tahun. Anak yang mengalami KVA berisiko tinggi untuk terinfeksi penyakit dan mengalami kebutaan. Seorang anak dikatakan mengalami KVA jika serum retinol dalam darahnya kurang dari 0,70 µmol/L.

Defisiensi vitamin A biasanya dimulai ketika anak masih bayi. Hal ini umumnya disebabkan oleh bayi yang tidak diberikan ASI dengan baik. Selain itu, KVA juga bisa disebabkan diare kronis sehingga kadar vitamin A dalam tubuh berkurang.

Gejala KVA

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved