Breaking News:

DPRD Jatim Tinjau Wisata Kota Batu di Era New Normal: Terima Aspirasi Integrasi Wisata

Komisi B DPRD Jawa Timur meninjau pelaksanaan wisata di Kota Batu. Para anggota legislatif meninjau konsep pariwisata di era new normal

istimewa
Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Aliyadi memimpin rombongan Komisi meninjau pelaksanaan wisata di Jatim Park 3, Kota Batu, Rabu (2/7/2020). 

 TRIBUNJATIM.COM, BATU - Komisi B DPRD Jawa Timur meninjau pelaksanaan wisata di Kota Batu, Rabu (2/7/2020). Para anggota legislatif meninjau konsep pariwisata di era new normal.

Rombongan dipimpin langsung oleh Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Aliyadi Mustofa. Ikut serta dalam rombongan Wakil Ketua Komisi B, Habib Mahdi, hingga sejumlah anggota Komisi B lainnya.

Kunjungan Komisi yang membidangi perekonomian ini mendatangi objek wisata Jatim Park 3. Objek wisata yang dikenal dengan Dino Park tersebut telah buka kembali sejak akhir Juni lalu usai tutup di sekitar tiga bulan akibat pandemi Covid-19.

Komisi B melihat penerapan protokol kesehatan di dua wahana komplek Jatim Park 3. Yakni, Museum Musik Dunia (Galeri Musik Dunia) dan Miniatur Istana Negara.

Penerapan protokol kesehatan dilakukan secara ketat. Mulai kewajiban memakai masker, pengecekan suhu badan, menjaga jarak, hingga penyediaan fasilitas cuci tangan di tiap spot.

Kunjungan rombongan diterima langsung Direktur Utama Jatim Park 3, Suryo Widodo. Berdasarkan penjelasan Suryo di hadapan Komisi B dalam forum diskusi, perlu sinergitas antara pelaku usaha dan pemerintah dalam membangkitkan sektor wisata di masa new normal.

Berdasarkan evaluasi hampir sebulan pasca pembukaan Jatim Park lalu, jumlah pengunjung belum dapat menyamai masa sebelum pandemi.
"Sektor wisata kami akui yang paling awal terdampak dan sepertinya yang paling akhir bisa bangkit akibat pandemi," kata Suryo pada forum pertemuan kepada TribunJatim.com.

Untuk menarik pengunjung, sejumlah upaya sudah dilakukan. Terutama dengan sosialisasi hingga kampanye wisata dengan penerapan protokol kesehatan.

Namun demikian, ia berharap perlunya kerja sama Pemda, Pemrov, dan pelaku usaha untuk menarik kembali minat wisatawan. Pihaknya mengusulkan beberapa ide.

Pertama, soal integrasi pariwisata. Pemerintah provinsi bersama pemerintah daerah diharapkan memetakan bentuk wisata alam, museum, hingga, wahana permainan sehingga bisa menjadi acuan rute perjalanan wisata.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved