Breaking News:

Pilkada Sidoarjo

Pilkades Serentak di Sidoarjo Terancam Molor Lagi, Penyebaran Covid-19 Belum Bisa Diprediksi Menurun

Penyebaran Covid-19 di Sidoarjo sampai saat ini belum terkendali dan belum bisa dipastikan penurunannya, Pilkades Serentak terancam molor lagi.

TribunJogja
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, M Taufik

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Setelah melalui berbagai proses dan pembahasan, pemkab bersama DPRD Sidoarjo dan sejumlah instansi memutuskan Pilkades Serentak yang sempat tertunda akibat pandemi virus Corona ( Covid-19 ), bakal digelar 6 September 2020 mendatang.

Tapi jadwal itu sepertinya bakal molor lagi.

Alasannya sama, karena penyebaran Covid-19 di Kota Delta yang sampai saat ini belum terkendali dan belum bisa dipastikan penurunannya.

"Jika kondisi membaik, penyebaran terus berkurang, dan angka kematian bisa ditekan, kemungkinan Pilkades Serentak bisa dilaksanakan September mendatang," kata Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, Jumat (31/7/2020).

Kendati demikian, politisi PKB itu tidak berani memastikan tanggalnya. Bahkan dia juga tidak yakin Pilkades Serentak bisa digelar tanggal 6 September mendatang.

"Ada proses tahapan yang juga perlu diselesaikan. Dan itu butuh waktu. Jadi jika mungkin September, kayaknya bisa dilaksanakan sekira tanggal 20. Atau setidaknya sebelum 20 September," lanjutnya.

Bahrul Amiq Optimistis Dapat Rekomendasi PDIP dan PPP untuk Maju Pilkada Sidoarjo 2020

BREAKING NEWS: Masa Tanggap Darurat Covid-19 Tulungagung Diperpanjang, Jam Malam Dievaluasi Terpisah

Untuk menentukan tanggal pelaksanaan itu, disebutnya, Sidoarjo tidak perlu meminta persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Dengan catatan, penyebaran Covid-19 sudah berhasil ditangani.

"Pertimbangan Mendagri kan karena Covid-19. Jika itu bisa diatasi, kita bisa langsung memutuskan sendiri jadwal pelaksanaan Pilkades Serentak," tandas Cak Nur, panggilan Nur Ahmad Syaifuddin.

Dirinya juga berharap, masyarakat dan para calon kades yang menantikan pelaksanaan Pilkades untuk tidak hanya menuntut agar segera dilaksanakan. Melainkan juga ikut bekerja sama, bersama-sama agar penyebaran Covid-19 bisa dihentikan.

Curhat UMKM Tahu Tempe dan Tanaman Hidroponik Sidoarjo ke Bacabup BHS: Kurang Sentuhan Pemerintah

Nongkrong Sambil Pesta Miras, 4 Pemuda di Waru Sidoarjo ini Dihukum Bersihkan Makam

Yakni terus berkampanye dan mengajak masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Mari kita laksanakan protokol kesehatan sebaik-baiknya. Sehingga keadaanya landai bisa bagus dan Pilkades bisa terlaksana," katanya.

Editor: Dwi Prastika

Penulis: M Taufik
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved