Breaking News:

100 Lansia di Trenggalek Dapat Operasi Katarak Gratis

Sebanyak 100 perempuan lanjut usia (lansia) di Kabupaten Trenggalek akan mendapat layanan operasi katarak gratis.

Surya/Aflahul Abidin
Proses pemeriksaan mata dengan menerapkan protokol kesehatan dalam rangkaian program operasi katarak gratis di Kabupaten Trenggalek, Rabu (5/8/2020). 

 TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Sebanyak 100 perempuan lanjut usia (lansia) di Kabupaten Trenggalek akan mendapat layanan operasi katarak gratis.

Layanan itu merupakan inisiasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek yang bekerja sama dengan salah satu klinik mata setempat.

Kuota yang ada diberikan secara merata di seluruh kecamatan di Trenggalek.

"Kami bagi per kecamatan, Trenggalek ada 14 kecamatan, artinya per kecamatan punya rata-rata tujuh pasien yang diusulkan untuk mengikuti operasi katarak gratis," kata Novita Hardini, Ketua TPKK Kabupaten Trenggalek, Rabu (5/8/2020).

Pada hari itu, layanan pemeriksaan mata sebelum proses operasi katarak dilakukan di Balai Desa Sumbergedong, Kecamatan Trenggalek.

Puluhan ibu-ibu datang ke kelurahan untuk memeriksakan kesehatan indra pengelihatan mereka. Proses pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan.

Hasil pemeriksaan menunjukkan, tak ada pasien yang mengalami gangguan katarak. Hanya saja, banyak dari mereka yang memiliki masalah kesehatan mata akibat penuaan usia.

Keluarga di Lamongan Tolak PDP Dimakamkan dengan Protokol Covid-19, Mediasi Dijaga Ketat TNI-Polri

Nella Kharisma Tanya Kakak Soal Hubungan Suami-Istri dalam Rumah Tangga, Siap Dipinang Dory Harsa?

11 Foto Wanita Tak Berbusana Jadi Hasil Penipuan Sopir Angkot Ngaku HRD, 7 Korban Sudah Dinodai

"Di Kecamatan Trenggalek, sejauh yang dilaksanakan pemeriksaan, banyak ibu-ibu usia lanjut yang diperiksa dan belum ditemukan katarak," ucap Novita.

Untuk itu, ia meminta kepada warga yang memiliki masalah katarak pada mata untuk mendaftarkan diri ke TPKK setempat.

"Kuota untuk kecamatan Trenggalek ini masih kosong, saya harap untuk masyarakat umum bisa mendaftarkan ke Tim PKK karena kouta masih tersedia," ucapnya kepada TribunJatim.com.

Menurut Novita, mata merupakan salah satu indra vital bagi para lansia. Indra pengelihatan ini modal bagi mereka untuk bekerja dan beraktivitas sehari-hari.

"Kalau tidak memperhatikan kesehatan mata, tidak bisa menjalani aktivitas secara optimal. Sementara kalau mata sehat, bisa menompang ekonomi masyarakat dengan baik," ucapnya.

Ia berharap, usaha tersebut bisa membantu mendorong warga untuk meningkatkan kesejahteraannya.

"Sekaligus kami ingin memmbatu pemerintah agar ekonomi merangkak dari sektor kesehatan mata," pungkasnya. (aflahulabidin/Tribunjatim.com)

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved