Breaking News:

Virus Corona di Sidoarjo

SD hingga SMA di Sidoarjo Bakal Segera Lakukan Pembelajaran Tatap Muka, 5 Kecamatan Sudah Zona Hijau

Sekolah SD hingga SMA di Sidoarjo bakal segera melakukan pembelajaran tatap muka. Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin adakan musyawarah.

Penulis: M Taufik | Editor: Hefty Suud
ISTIMEWA/DOKUMENTASI SDN 4 GUNUNGSARI
ILUSTRASi - Pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19. 

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Sekolah di Sidoarjo bakal segera melakukan pembelajaran tatap muka. Mulai tingkatan SD sampai SMA.

Menurut Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, setelah mendapat petunjuk dari Kementrian, pihaknya sedang melakukan kajian bersama Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

"Satu dua hari ini dinas sedang melakukan kajian. Senin atau selasa depan, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan bakal kita ajak musyawarah. Untuk menentukan langkah," kata Nur Ahmad, Jumat (7/8/2020).

Kisah Gadis Kecil Lolos Ledakan Lebanon, 24 Jam Berada di Reruntuhan, Rintiahan Kecil yang Pilu

Warga Demo di Rumah Sakit di Jember, Tanyakan Soal Status Pasien Covid-19: Kami Resah

Sebagaimana petunjuk dari pusat, pemerintah daerah boleh melakukan diskresi. Tentu tetap dengan mempertimbangkan berbagai hal. Utamanya terkait potensi penyebaran virus Corona ( Covid-19 ).

"Kalau saya pribadi, setuju sekolah dengan sistem pembelajaran tatap muka kembali diaktifkan. Asal tetap menjalankan protokol kesehatan," ujar Cak Nur, panggilan Nur Ahmad Syaifuddin.

Misalnya, jumlah siswa di dalam kelas dibatas separo. Agar bisa menerapkan phisical distancing. Caranya, jadwal masuk dibagi menjadi dua alias digilir.

Pasutri Pelaku Penggelapan Honda Scoopy Tertangkap di Rumah Kos Sidoarjo, Terancam 8 Tahun Penjara

VIRAL Kisah Besan Nikahi Besan, Ibu Kandung & Ayah Mertua Jatuh Cinta, Suamiku adalah Kakak Tiriku

Kemudian di sekolah juga semua guru dan siswa wajib pakai masker, sering cuci tangan menggunakan sabun, dan disiplin menjalankan semua protokol kesehatan.

Kendati demikian, dirinya mengaku tidak bisa memutuskan sendiri. Tetap harus melalui kajian, rembukan, dan mempertimbangkan banyak hal. Utamanya dengan membahas bersama Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

"Mungkin bisa diterapkan di wilayah yang sudah kategori hijau. Seperti kita ketahui, ada lima kecamatan di Sidoarjo yang bersiap masuk zona hijau. Krembung, Jabon, Tarik, Prambon, dan Sukodono atau Tulangan," urainya.

Dengan begitu, wilayah lain juga akan bersemangat untuk bersama-sama menjalankan protokol kesehatan supaya segera masuk zona hijau, kemudian sekolah tatap muka bisa kembali dilaksanakan.

"Atau skema lain bagaimana, kita tunggu hasil kajian dan musyawarah nanti. Yang jelas, pekan depan akan kami pastikan, apakah belajar dengan tatap muka di sekolah akan diberlakukan atau tidak," tandas politisi PKB tersebut.

Sekarang ini Sidoarjo sudah berada di zona orange penyebaran covid-19. Prosentase kesembuhannya sudah berada di angka 68 persen, sementara kematian di angka 5,8 persen.

Jika penyebaran bisa terus ditekan dan angka kematian bisa sampai 2 persen, Sidoarjo bakal masuk zona hijau. Yang kemudian bisa bebas dari Covid-19.

Penulis: M Taufik

Editor: Heftys Suud

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved