Breaking News:

Dirjen Bimas Budha Minta Gembok Pagar Kwan Sing Bio Dibuka, Kubu Alim: Bukan Kewenangan Dirjen

Dirjen Bimas Budha Kemenag, Caliadi datang ke Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, Jawa Timur, Kamis (13/8/2020), siang.

M Sudarsono/Surya
Kedatangan Dirjen Bimas Budha Kemenag, Caliadi ke Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, Kamis (13/8/2020), siang, diwarnai ketegangan 

 TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Dirjen Bimas Budha Kemenag, Caliadi datang ke Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, Jawa Timur, Kamis (13/8/2020), siang.

Kedatangan pejabat Kemenag itu meminta agar gembok yang menutup pagar dibuka oleh pihak yang berperkara, agar rumah ibadah bisa digunakan kembali sebagaimana fungsinya.

Namun upaya Caliadi gagal, karena pihak Alim Sugiantoro CS, selaku Ketua Demisioner TITD Kwan Sing Bio, menolak pembukaan kelenteng dengan dalih masih proses hukum.

Bahkan rencana pembukaan gembok juga diwarnai ketegangan kedua kubu di lokasi.

"Kami mengimbau kedua kubu agar membuka gembok dan memfungsikan kelenteng untuk ibadah umat," kata Dirjen Bimas Budha Kemenag saat akan meninggalkan kelenteng.

Dia meminta kesadaran dari pihak yang berperkara mengenai pembukaan kelenteng, jika masih ada yang tidak sadar maka pihak yang sadar agar membuka.

3 Polwan Jadi Korban Pelecehan Kasatreskrim, Ogah Damai, Kepolisian Tindak Tegas: Tidak Ada Celah

VIRAL Video Bocah Cilik Naik Pesawat Sendirian, Motif Mulia di Baliknya Terkuak: Mau ke RS Demi Ayah

Remaja Surabaya Setubuhi Gadis Usia 16, Terinspirasi Video Porno: Bingung Terlanjur Berhasrat

Menurutnya berkaitan dengan rumah ibadah adalah kewenangan Kemenag, untuk urusan hukum dia tidak ikut campur.

Dia menegaskan kedatangannya bukan sebagai eksekutor, tapi ini untuk kepentingan umat semua harus punya kesadaran, jangan emosi.

"Kalau begini terus tidak bagus, kita imbau kelompok Mardjojo untuk buka gembok yang dari luar, tapi kelompok Alim tidak mau. Tidak ada sejarah konflik kepengurusan rumah ibadah esmosi digembok," beber Caliadi kepada TribunJatim.com.

Sementara itu, Heri Tri Widodo, kuasa hukum Bambang Djoko Santoso selaku penggugat kepengurusan Tio Eng Bo menyatakan, Dirjen selaku pejabat hanya punya kewenangan di wilayah administrasi. Dia bukan eksekutor untuk membuka gembok, apalagi ini dalam sengketa.

Halaman
12
Penulis: M Sudarsono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved