Polres Nganjuk Siapkan 'Satu Suro dan Suran Agung', Amankan Pengesahan Warga Baru Perguruan Silat

Amankan pengesahan warga baru perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Polres Nganjuk bentuk personil Satu Suro dan Suran Agung.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Hefty Suud
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Personil Pengamanan Terpadu Satu Suro dan Suran Agung Polres Nganjuk saat menggelar apel kesiapan pasukan, Rabu (19/8/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Polres Nganjuk siapkan personil terpadu untuk mengamankan pengesahan warga baru perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dan Ziarah Suran Agung yang akan dilaksanakan di Madiun.

Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi Polres Nganjuk dari adanya potensi kerawanan konflik.

Kapolres Nganjuk, AKBP Handono Subiakto menjelaskan, pihaknya melakukan pengamanan dengan metode penyekatan.

BREAKING NEWS - Keluarga Besar Terpapar Covid-19, RSUD Waluyo Jati Probolinggo Tutup 3 Hari

Kapolres Kediri Resmikan Kampung Tangguh di Kecamatan Pagu, Tekankan Protokol Kesehatan

Yaitu menghalau masuknya masa atau warga luar Nganjuk yang ingin bergabung di Nganjuk pada perayaan pengesahan warga baru perguruan silat PSHT.

Selain melakukan blokade jalan kecil yang dapat di jadikan akses masuk ke Kota Nganjuk, pihaknya juga menempatkan Pos Pengamanan (Pospam) terpadu di setiap perbatasan.

"Kami juga sudah menyebar anggota di sejumlah pos yang ada di Nganjuk. Kami juga melakukan penjagaan dan pantauan di lokasi Padepokan Silat PSHT sebagai tempat pusat acara pengesahan di Padepokan PSHT Condro Geni Desa Bodor Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk," kata Handono Subiakto, Rabu (19/8/2020).

Petugas Pemeriksaan Pria Cium Jenazah Covid-19 Pakai APD Lengkap, Tersangka Ada di Ruang Khusus

Doyan Gambar Sejak SD, Hari Prasetyo Ciptakan Ilustrasi Jokowi: ‘Shortcut’ Karya Cepat Dikenal Orang

Dikatakan Handono Subiakto, pada kegiatan itu sudah menjadi agenda Pemerintah bersama TNI-Polri untuk melaksanakan pengamanan dalam rangka menciptakan rasa aman pada masyarakat yang merayakan maupun yang menyaksikan rangkaian kegiatan suroan tersebut.

Namun perlu diingat, ungkap Handono Subiakto, kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Nganjuk selain adanya Pengesahan warga baru atau ziarah leluhura PSHT, Kera Sakti, maupun Pagar Nusa serta tradisi siraman harus tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus Corona ( Covid-19 ).

"Tujuan dilaksanakan kegiagan sesuai dengan protokol Covid-19 ini sesuai dengan kesepatakan kita bersama, dengan tujuan bersama–sama melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Dan terciptanya situasi aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Nganjuk dengan bersinergi bersama serta Guyub Rukun dari berbagai Instansi, baik itu intansi pemerintah dengan pihak pengamanan maupun dari TNI," tutur Handono Subiakto.

Penulis: Achmad Amru Muiz

Editor: Heftys Suud

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved