Breaking News:

8 Karyawan PT Mettana di Proyek Pembangunan Bendungan Tugu Trenggalek Terpapar Covid-19

Delapan karyawan PT Mettana yang ada di Desa Pucanganak, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek terpapar Covid-19.

TRIBUNJATIM.COM/AFLAHUL ABIDIN
Proyek pembangunan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Selasa (18/2/2020). Proyek ini diharapkan rampung akhir 2021. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Delapan karyawan PT Mettana yang ada di Desa Pucanganak, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek terpapar Covid-19. Mereka bekerja sebagai konsultan pembangunan proyek nasional Bendungan Tugu.

Delapan pasien itu terpapar selama periode 12-20 Agustus 2020. Total ada tambahan 50 kasus Covid-19 dalam periode tersebut. Sehingga total kasus Covid-19 di Kabupaten Trenggalek mencapai 164.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Trenggalek Murti Rukyandari menjelaskan, delapan pasien Covid-19 karyawan PT Mettana itu merupakan pasien nomor urut 118-125 di Kabupaten Trenggalek.

"Adapun kronologi kasus pasien 118-125 adalah sebagai berikut. Pada tanggal 10 Agustus 2020, salah satu karyawan PT Mettana yaitu pasien 115 dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasien nomor 118–125 merupakan kontak erat dari pasien nomer 115," kata Murti kepada TribunJatim.com, Jumat (21/8/2020).

Dua Hari, Pasien Konfirmasi di Kota Madiun Tambah 11 Orang

Terganjal Visa, Dua Pemain Asing Madura United Belum Ada Kepastian Bergabung Dengan Tim

Alun-alun Surabaya Tetap Buka, Terapkan Protokol Kesehatan, Kapasitas 40 Persen

Setelah adanya kasus itu, kata Murti, manajemen PT Mettana menyarankan mereka untuk tak pulang dulu.

"Pihak Puskesmas langsung menghubungi pihak perusahaan untuk memastikan keadaan di tempat kerja Mettana," ucapnya kepada TribunJatim.com.

Kini, delapan pasien tersebut menjalani isolasi terpisah. Lima di antaranya dirawat di asrama Covid-19 Kabupaten Trenggalek, dan dua pasien di Rusunawa IAIN Tulungaggung. Sementara satu pasien lainnya telah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, PPK Bendungan I Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Yudha Tantra Ahmadi mengatakan, 63 orang telah menjalani swab test hasil penelusuran kontak erat delapan pasien tersebut.

Mereka terdiri dari 13 pegawai Pekerjaan Umum dan 50 pegawai PT Mettana dan PT Wika.
Yudha juga memastikan pembangunan proyek nasional Bendungan Tugu Kabupaten Trenggalek tak terganggu meski ada temuan paparan Covid-19. Sebab, delapan pasien Covid-19 tersebut bertugas di bagian administrasi.

"Teman-teman yang terpapar adalah tenaga administrasi. Jadi tidak terpengaruh [pembangunan proyek]. Pekerja di lapangan tidak ada [yang terpapar]," ucap dia.

Saat ini, hanya kantor PT Mettana yang disterilkan. Sementara untuk tempat lainnya yang berkaitan dengan pembangunan Bendungan Tugu berjalan seperti biasa. (aflahulabidin/Tribunjatim.com)

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved