Breaking News:

Hari Jadi Trenggalek Ke-826, Bupati: Momentum Mengungkit Ekonomi Lokal

Pelaksanaan rangkaian Hari Jadi Trenggalek Ke-826 sudah dimulai, Minggu (30/8/2020). Di hari itu, proses jamasan pusaka digelar di Pendopo setempat.

Surya/Aflahul Abidin
Pelaksanaan jamasan menjelang Hari Jadi Trenggalek Ke-826, Minggu (30/8/2020). 

 TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Pelaksanaan rangkaian Hari Jadi Trenggalek Ke-826 sudah dimulai, Minggu (30/8/2020). Di hari itu, proses jamasan pusaka digelar di Pendopo setempat.

Proses jamasan berlangsung dengan sederhana dan terbatas. Ini lantaran prosesi hari jadi masih berada di masa pandemi Covid-19.
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, puncak hari jadi yang jatuh pada Senin (31/8/2020) pun akan berlangsung sederhana tapi tanpa mengurangi kesakralan.

"Besok prosesi tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Kemudian, kami imbau seluruh masyarakat untuk menyimak prosesi kirab dan hari jadi di rumah saja. Melalui siaran langsung lewat Youtube Dinas Kominfo," kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu, usai penjamasan.

Usai jamasan, prosesi hari jadi akan dilanjutkan dengan ziarah leluhur dan istigasah di sore dan malam hari.
Esok harinya, rosesi dilanjutkan dengan kirab dan puncak acara.

Klopp Puji Penampilan Minamino Meski Gagal Bawa The Reds Juarai Community Shield, Ini Sebabnya

Trailer Drama Korea Record of Youth, Dibintangi Park Bo Gum, Tayang di Netflix Mulai 7 September

Detik-detik Ruko Jalan Kranggan Terbakar, Asap Masuk Pasar Blauran: Semua Toko Langsung Tutup

"Malam hari tetap ada wayangan dan wayangan bisa disaksikan di rumah. Jadi tidak mengundang dan tidak disarankan masyarakat masyarakat untuk berbondong-bondong datang," ucap dia kepada TribunJatim.com.

Selain lebih sederhana, kata Mas Ipin, perayaan hari jadi sekaligus untuk menjadi momentum mengungkit ekonomi lokal di tengah pandemi.

"Semua vendor dalam pelaksanaan hari jadi yang digunakan adalah vendor lokal. Mulai dari pembatik, yang jahit pakaiannya, delmannya," tutur dia.

Pada hari jadi, pemkab juga akan membagikan dana stimulus ekonomi pada para pengusaha mikro di Trenggalek.

"Sehingga semangat hari jadi, pertama, berdoa meminta keselamatan. Kedua, bersyukur dengan membagikan APBD untuk masyarakat ekonomi mikro. Dengan harapan ekonomi trenggalek cepat pulih," ucap politisi PDI Perjuangan itu. (aflahulabidin/Tribunjatim.com)

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved