Breaking News:

Banyak Tambang Migas, Asosiasi Ahli K3 Dorong Pentingnya Penerapan K3 di Jatim

Memiliki areal tambang minyak dan gas (migas) di wilayah Jawa Timur (Jatim) mendorong Asosiasi Ahli K3 (A2K3) Jatim, melihat pentingnya K3

istimewa
Seminar tentang pentingnya K3 di industri migas membuka kegiatan Webinar sekaligus pelantikan pengurus A2K3 Jatim. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Memiliki areal tambang minyak dan gas (migas) di wilayah Jawa Timur (Jatim) mendorong Asosiasi Ahli K3 (A2K3) Jatim, melihat pentingnya K3 di sektor ini.

Melalui Webinar dengan tema "Risk Assessment As An Accident Prevention Strategy on The Oil and Gas Industry" itu, mereka menyampaikan tentang strategi pencegahan kecelakaan pada industri minyak dan gas.

Soehatman Ramli, Dipl.SM,IASP, Ketua WSO (World Safety Organitation) Perwakilan Indonesia, menyampaikan K3 di industri migas sangat komplek.

"Hampir semua aspek K3 diterapkan di industri migas, hal ini karena industri migas berhubungan dengan bahan berbahaya (minyak bumi itu sendiri mengandung substansi berbahaya), menggunakan proses yang berisiko tinggi, biasanya ada di remote area, masih menggunakan banyak manpower (minim otomasi), banyaknya pekerjaan lapangan, serta menggunakan peralatan, fasilitas atau konstruksi yang besar dan kompleks," jelas Soehatman kepada TribunJatim.com.

Karena itu semua aspek K3 dimulai dari keselamatan proses, keselamatan pekerjaan listrik, keselamatan pekerjaan di ketinggian, keselamatan pekerjaan di area yang mungkin terbakar atau meledak, keselamatan berkendara (karena area yang remote dan luas), higiene industri, ergonomi perkantoran dan industri, keselamatan bahan kimia, keselamatan konstruksi atau alat berat, kebugaran kerja (untuk kerja berat), dan bahkan keselamatan pangan bagi pekerja pun (pekerja di remote area) diterapkan di industri migas.

Dinyatakan Positif Virus Corona, Kylian Mbappe Dikeluarkan dari Skuad Les Bleus

Mola TV Manjakan Pecinta Bola, Tayangankan Liga Inggris, Bundesliga dan Chinese SL

Pesan Reza Artamevia ke Anak-anaknya untuk Cari Suami yang Tampan: Kalau Enggak Ganteng Sepet Juga

Selain Soehatman, tampil pula Ridwan Mahzum, MMT, MIIRSM (Ketua DPP A2K3 Pusat Jakarta) menyampaikan materi “Typical Offshore Construction Projects”.

Dalam webinar yang diikuti oleh lebih dari 400 peserta juga dilakukan Pelantikan Asosiasi Ahli K3 (A2K3) Cabang Jawa Timur periode tahun 2020-2024 oleh Ridwan Mahzum.

Turut hadir dan memberikan. sambutan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Jawa Timur Dr Himawan Estu Bagijo, SH, MH. Himawan menyampaikan ucapan selamat pada Pengurus baru A2K3 Jawa Timur yang di Ketuai oleh Ir Eko Julianto, MSc FRINA.

“Asosiasi ini merupakan kumpulan para Ahli K3 dari berbagai industri terkemuka di Jatim, praktisi ahli K3 dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Jatim," ujar Himawan.

Pihaknya berharap Asosiasi Ahli K3 Jatim ikut berperan aktif dan membantu program Pemprov Jatim dalam mengurangi angka kecelakaan kerja.

Sementara Ketua terpilih A2K3 Jawa Timur Periode 2020-2024 Ir Eko Julianto, MSc FRINA mengatakan bahwa akan mendukung semua program Pemprov Jatim dalam peningkatan penerapan K3.

"Kami siap mendukung target Pemprov Jatim ini mengingat berbagai sektor industri banyak yang memberikan kontribusi besar pada ekonomi Jatim," ungkap Eko.(Sri Handi Lestari/TribunJatim.com).

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved