Breaking News:

PT SIG Sulap Lahan Pasca Tambang di Tuban Jadi Kebun Pisang, Petani Diuntungkan

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), memanfaatkan kawasan lahan pasca tambang tanah liat Pabrik Tuban di Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak,Tuban

istimewa
PISANG - Wihadi, petani Green Belt binaan SIG sedang panen pisang di lahan pascatambang, Kamis (10/9/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), memanfaatkan kawasan lahan pasca tambang tanah liat Pabrik Tuban di Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur menjadi area perkebunan pisang cavendish, Kamis (10/9/2020).

Anggota Koperasi Petani Green Belt, Wihadi, warga Desa Pongpongan Kecamatan Merakurak, Tuban, mengatakan, sejak April 2019, telah tanam sebanyak 3.000 pohon pisang, hingga saat ini telah 10 kali panen.

"Kami telah melakukan 10 kali panen. Setiap panen rata-rata menghasilkan 100 tandan pisang senilai Rp 5 juta," kata Wihadi, bersama 17 anggota petani lainnya.

Pisang dari hasil panen tersebut, untuk memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Tuban dan pemesanan dari luar kota. Sehingga, petani terus bisa mengembangkan tanaman kebun pisang.

"Perusahaan Semen Indonesia juga membantu proses distribusi dan penjualan melalui Koperasi Petani Green Belt, sehingga kami tidak lagi kesulitan untuk pemasarannya,” imbuhnya kepada TribunJatim.com.

Wihadi menambahkan, program perkebunan pisang cavendish ini sangat bermanfaat bagi petani green belt, karena dapat menambah penghasilan keluarga.

Empat Hari Kabur Dari Rumah, Wanita ini Diamankan Satpol PP Kota Kediri

Hasil Liga Prancis - 7 Pemain Pilar Positif Corona, PSG Tumbang dari Klub Promosi di Laga Perdana

Lagi, Pasangan Gus Yani – Ning Min Dapat Dukungan Pemuda Pancasila di Pilkada Gresik

"Saat ini, pisang yang kami budidaya telah rutin berbuah, perawatannya pun mudah. Selain itu, SIG juga terus memberikan pendampingan agar para petani memperoleh hasil maksimal," katanya.

Terpisah, General Manager of Corporate Social Responsibility (CSR) SIG, Edy Saraya mengatakan, pemanfaatan kawasan lahan pascatambang tanah liat menjadi perkebunan pisang cavendish ini salah satu upaya untuk membantu petani yang memiliki keterbatasan lahan garapan.

Lebih lanjut Edy Saraya menjelaskan, selain digunakan untuk perkebunan pisang cavendish, lahan pascatambang tanah liat Pabrik Tuban sedang dikembangkan menjadi kawasan Ecopark.

"Saat ini juga sedang dibudidaya berbagai tanaman lainnya seperti anggur, klengkeng, alpukat, dan berbagai tanaman lainnya," kata Edy.

Menurut Edy, ecopark juga akan dilengkapi berbagai sarana dan prasarana camping ground, arena pancing, sentra kuliner dan peternakan kambing.

"Ini bisa menjadi tempat wisata edukasi bagi masyarakat,” imbuhnya. (SugiyonoTribunjatim.com)

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved