Tahun Ini Pemkab Jember Targetkan Nilai AKIP Naik

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menargetkan nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (AKIP) Kabupaten Jember tahun 2020 meningkat diba

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Yoni Iskandar
sri wahyunik/surya
Suasana Evaluasi SAKIP Pemkab Jember 

 TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menargetkan nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (AKIP) Kabupaten Jember tahun 2020 meningkat dibandingkan tahun 2019.

Tahun lalu, nilai AKIP Kabupaten Jember di huruf B, dan tahun ini ditargetkan naik menjadi BB.

"Setiap tahun sudah naik, dan tentu target kami naik dibandingkan tahun lalu, minimal menjadi BB," ujar Bupati Jember Faida seusai mengikuti acara evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan reformasi birokrasi Pemkab Jember oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi secara daring, Kamis (10/9/2020).

Tahun ini, ada 47 organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Jember yang dievaluasi. Menurut Bupati Faida, setiap tahun capaian nilai dari evaluasi itu semakin naik. Hal itu terlihat dari terus menurunnya nilai D (terendah dalam penilaian), dan semakin banyaknya nilai B. Di atas B ada nilai BB, dan paling tinggi nilainya A.

Ada sejumlah bidang penilaian AKIP tersebut, seperti penerapan standar pelayanan publik, inovasi pelayanan publik, juga kualitas pelayanan publik. Faida menambahkan, di Kabupaten Jember kini ada 19 layanan surat menyurat elektronik.

Imbas 1 Sukarelawan di Inggris Jatuh Sakit, Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Oxford Telah Dihentikan

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-19 vs Arab Saudi, Live di Mola TV dan NET TV

Jakarta Terapkan PSBB Lagi, Nasib Bhayangkara FC di Lanjutan Liga 1 2020 Gimana?

Lebih lanjut, Faida menuturkan, evaluasi SAKIP dari KemenPANRB itu nantinya akan menjadi parameter kinerja OPD Pemkab Jember.

"Evaluasi yang disampaikan oleh evaluator, tentunya akan jadi masukan dan dilaksanakan oleh semua OPD," tegas Faida kepada TribunJatim.com. (Sri Wahyunik/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved