Breaking News:

CEO eFishery Beber Pengalamannya Membangun Bisnis Startup, Berkaca, 'Siapa Paling Mungkin?'

CEO eFishery, Gibran Huzaifah bagikan pengalamannya membangun bisnis startup. bagikan tips sukses: kuncinya mengidentifikasi segmen pasar.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
CEO eFishery, Gibran Huzaifah. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Beberapa orang bermimpi membangun bisnis sendiri.

Terkait membangun bisnis, strategi marketing atau pemasaran perlu diperhatikan

Layaknya bisnis konvensional, bisnis startup atau perusahaan rintisan juga membutuhkan strategi marketing yang solid yang efektif. Tentunya harus sesuai dengan karaketistik bisnis yang ingin dibangun.

Kantor Grab Surabaya Disegel Driver Ojol Jatim, Kecewa Tak Ditemui Manajemen: Makan Hasil Kerja Kami

Tidak Pakai Masker, Warga di Kediri Diminta Menghafal Pancasila dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

CEO eFishery, Gibran Huzaifah mengatakan teori marketing yang ada saat ini sangat beragam, sehingga kadang cukup membingungkan para pemula dalam bisnis.

"Bagi saya sendiri saat mendirikan bisnis starup eFishery, walaupun saya merasa cukup dibekali dengan teori-teori marketing dan pengalaman pada bisnis sebelumnya, namun kenyataan yang saya hadapi di lapangan sedikit berbeda," ujarnya saat dikonfirmasi Tribun Jatim, Selasa (15/9/2020).

Ia menceritkan, pada awalnya eFishery merupakan startup penyedia alat pintar dengan teknologi IoT (internet of things) untuk memberi pakan pada ikan. Target pasarnya adalah pemilik usaha budidaya ikan yang sangat niche dan terbatas.

Banyuwangi Mulai Terapkan Sanksi Denda untuk Warga yang Bandel Tidak Pakai Masker

Massa Driver Ojek Online Jatim Telah Tiba di Kantor Grab Cabang Surabaya, Sempat Terjadi Kericuhan

"Berkaca dari hal itu, sehingga saya memutuskan untuk mendekati target market satu per satu, dan mendemokan eFishery Feeder secara langsung," ungkapnya.

Keteguhannya dalam menghampiri target pasarnya itu pun ia simpulkan bahwa ‘marketing is anything that works effectively to drive people to buy your product’.

Langkah selanjutnya, lebih lanjut Gibran mengatakan, akhirnya dirinya pun mendekatkan diri dan fokus membangun relasi dengan calon pelanggan (customer management).

Dikatakannya, dirinya merekrut banyak penjual pakan ternak di area sekitar untuk menjadi tenaga salesnya, yang dimana guna memastikan para sales memiliki kedekatan secara emosional dan wawasan dengan target pasarnya.

“Jadi intinya, strategi marketing saat menjalankan bisnis startup agar sukses yakni perlu dengan mengidentifikasi segmen pasar kita. Siapa yang paling mungkin untuk membeli produk kita? Bedah profil customer, areanya, behavior sampai ke permasalahan yang dihadapinya,” tutup Gibran.

Penulis: FIkri Firmansyah

Editor: Heftys Suud

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved