Breaking News:

Sumur Misterius di Bondowoso, Diduga Ada Kesinambungan dengan Sumur Lama

Abdul Ghani warga Desa Alas Sumur, Pujer, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menemukan benda-benda kuno, seperti fragmen porselen dan batu bata merah

danendra/Surya
Lokasi sumur yang digali Abdul Ghani untuk mencari sumber air berada tepat di samping kanan rumah, Rabu (16/9 

TRIBUNJATIM.COM, BONDOWOSO - Abdul Ghani warga Desa Alas Sumur, Pujer, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur  menemukan benda-benda kuno, seperti fragmen porselen dan batu bata merah. Benda kuno ditemukan usai Abdul menggali tanah untuk mencari sumber air.

Rupanya, keluarga Abdul mempunyai sumur lain yang telah dilakukan penggalian beberapa tahun lalu. Letak sumur lama berada sekitar 10 meter dari rumah Abdul. Di dinding sumur itu ditemukan batu bata merah serupa.

"Di sumur lama milik keluarga juga ditemukan batu bata merah kuno yang masih menempel di dinding," kata Abdul, Rabu (16/9).

Abdul pun menduga bila ada keterkaitan antara batu bata merah yang ditemukan di sumur baru dan lama. Sebab, batu bata merah tersebut sekilas dilihat Abdul memiliki ke samaan dari susunan, bentuk, dan jenisnya.

Lagi, Hakim PN Surabaya Dan Istri Meninggal Dunia Diduga Terpapar Covid-19

22 Toko Swalayan di Kota Mojokerto Akan Ditutup Sementara Oleh Satpol PP

Gus Yani Siap Perjuangkan Gresik United Kembali Berjaya di Kancah Nasional

"Sepertinya, ada sebuah bangunan yang tersambung dari sumur lama dengan sumur baru," paparnya kepada TribunJatim.com.

Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho sempat meninjau sumur lama milik Abdul. Dari hasil peninjauan, dirinya melihat ada struktur batu bata kuno di kedalaman yang sama yakni 5 meter.

"Diduga ada kesinambungan antara temuan batu bata kuno di sumur baru dengan lama. Untuk memastikan butuh kajian lebih lanjut," pungkasnya. (nen/Tribunjatim.com)

Penulis: Danendra Kusuma
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved