Breaking News:

Akan Perluas Penanaman Kelengkeng Kateki Lumajang, Gubernur Khofifah: Ini Kualitas Terbaik

Gubernur Jatim, Khofifah mendorong kelengkeng kateki Lumajang untuk disertifikasi bibitnya guna memaksimalkan penanaman dan pemasaran agar lebih luas.

TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, berkunjung dan panen ke kebun kelengkeng kateki di Desa Wonogriyo, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lumajang, Minggu (27/9/2020) sore. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendorong kelengkeng kateki Lumajang untuk disertifikasi bibitnya guna memaksimalkan penanaman dan pemasaran agar lebih luas.

Langkah itu telah dikoordinasikan Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, seusai berkunjung dan panen ke kebun kelengkeng di Desa Wonogriyo, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lumajang, Minggu (27/9/2020) sore.

Panen kelengkeng di kebun milik petani bernama Gunadi tersebut menggugah Khofifah Indar Parawansa untuk mengeksplor potensi produk perkebunan dari Lumajang.

Pasalnya, jenis kelengkeng kateki yang ditanam di kebun seluas setengah hektare tersebut memiliki kualitas yang sangat baik.

Selain buahnya lebih besar, daging buahnya tebal, biji lebih kecil, rasanya juga sangat manis.

Bahkan tekstur buahnya lebih krispi dibandingkan dengan jenis kelengkeng yang lain. Sehingga Khofifah Indar Parawansa berniat untuk membudidayakan kelengkeng jenis ini ke lahan yang lebih luas.

Bakal Ada Latihan Tempur di Desa Pandanwangi Lumajang, Bupati Thoriq: Warga Boleh Nonton Langsung

Khofifah Sambangi Masyarakat Senduro, Desa Jatim yang Jadi Percontohan Kerukunan Antarumat Beragama

"Ini adalah potensi agro yang luar biasa dari Lumajang. Saya sudah merasakan langsung. Saya lihat dan rasakan sendiri ternyata kelengkeng kateki ini adalah kualitas terbaik kelengkeng yang pernah saya temui," ucap Khofifah Indar Parawansa seusai panen dan mencicipi langsung kelengkeng kateki.

Khofifah Indar Parawansa mengatakan, rasanya dibandingkan kelengkeng jenis lain memang terasa.

Kelengkeng jenis lain cenderung memiliki tekstur daging buah yang lembut di mulut, namun kateki ini lebih chruncy sehingga lebih enak apalagi dengan daging buah yang lebih tebal.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved