Breaking News:

Dibantu Pemerintah Melalui Program JKN-KIS, Suparti: Terima Kasih Sekali

Suparti, warga Desa Bungur, Karangrejo, Tulungagung, merupakan peserta segmen PBIJK, yang iurannya dijamin pemerintah. Suparti bersyukur punya JKN-KIS

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Suparti, warga Desa Bungur, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung menunjukkan kartu JKN-KIS, 2020. 

TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG - 6 tahun sudah penyelenggaran Program Jaminan Kesehatan NasionalKartu Indonesia Sehat ( JKN-KIS ) telah banyak memberikan manfaat bagi seluruh pesertanya. Seperti yang dirasakan Suparti (52).

Ibu asal Desa Bungur, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung, ini merupakan peserta segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBIJK), yang iurannya dijamin oleh pemerintah.

Suparti mengaku bersyukur memiliki JKN-KIS.

“Sudah sejak 2018 saya jadi peserta, dapet dari desa (PBI). Bersyukur dibantu pemerintah,” ujarnya.

Suparti bercerita pernah menggunakan JKN-KIS miliknya untuk berobat karena pusing.

Sesuai prosedur, Suparti menuju Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar. Dia mengaku dilayani dengan baik dan tidak dibedakan dengan peserta JKN-KIS lain maupun pasien umum.

“Saya pernah menggunakan JKN-KIS, karena pusing. Hanya sekali itu saya menggunakan JKN-KIS. Di sana (FKTP) pelayanannya baik, tidak dibedakan,” ucap Suparti.

Tidak hanya itu, Suparti juga bersyukur karena tidak mengeluarkan biaya untuk menyembuhkan sakitnya saat itu. Dia tidak bisa membayangkan kalau tidak memiliki JKN-KIS.

“Waktu sakit pakai ini (kartu JKN-KIS) tidak pernah mengeluarkan biaya, gratis. Kalau sakit tidak bingung lagi, langsung periksa ke FKTP. Anak saya juga pernah menggunakan KIS. Pasti susah kalau sakit tidak punya JKN-KIS, bingung cari biaya, karena pasti mengeluarkan uang,” ucap Suparti sambil menunjukkan KIS miliknya.

Melihat pengalaman tetangganya, Suparti merasakan benar manfaat JKN-KIS. Menurutnya, ketika sakit parah, tentu biaya berobat mahal.

Halaman
12
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved