Breaking News:

Inovasi Imigrasi Surabaya, Urus Paspor Cukup Sehari atau Pilih Sabtu Minggu

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya terus meningkatkan layanan kepada masyarakat dalam mengurus dokumen keimigrasian.

sugiharto/surya
Pimpinan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya (kanan) menjelaskan program inovasi yang diluncurkan, Rabu (7/10/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya terus meningkatkan layanan kepada masyarakat dalam mengurus dokumen keimigrasian. Tidak saja makin nyaman, mengurus paspor kini makin mudah dan cepat.

Jika sebelumnya mengurus proses paspor butuh waktu hingga empat hari, kini memproses paspor itu dijamin cukup satu haru. Sebab kini Kantor Imigrasi (Kanim) Surabaya telah meluncurkan Program Bicara Sehari.

Bicara Sehari merupakan akronim dari berita acara pemeriksaan urus paspor cukup hari. Mulai dari pemeriksaan, wawancara, hingga sesi pemotretan kini langsung tuntas di hari yang sama.

"Jika ada paspor hilang atau rusak bisa diurus melalui Bicara Sehari. Bukan zamannya urus paspor ini pakai lama 3 hingga 5 hari," kata Is Edy saat melaunching terobosan dan inovasi berbagai layanan Kanim Surabaya, Rabu (7/10/2020).

Tidak hanya layanan Bicara Sehari, berbagai layanan bentuk lain kepada masyarakat juga terus makin dipermudah. Selain Bicara Sehari, layanan 'PALING DITUNGGU' juga akan makin dirasakan kemudahannya di masyarakat.

'PALING DITUNGGU' adalah layanan berakronim Paspor Keliling di Hari Sabtu atau Minggu. Rabu kemarin, layanan ini juga resmi dilaunching. Namun saat ini masih berlaku untuk wilayah Sidoarjo.

Pengantin Wanita Menangis Sendirian di Pelaminan, Suami Meninggal Sehari Usai Akad, Viral Raut Pilu

Yakni, bukan pemohon paspor yang harus datang mengurus ke Kantor Imigrasi. Namun petugas dengan mengusung mobil keliling yang dilengkapi alat khusus akan menemui warga. Biasanya di kantor kecamatan atau kelurahan.

Saat ini hampir semua camat dan lurah atau kades di Sidoarjo sudah berkoordinasi dengan Kanim Surabaya. Mobil PALING DITUNGGU siap sambang kampung untuk melayani pembuatan paspor warga. Kesiapannya menunggu camat atau lurah.

Layanan 'PALING DITUGGU' ini mendekatkan diri pada masyarakat pelosok sekali pun. Pemohon juga senang karena tak perlu izin meninggalkan pekerjaan di hari aktif. Bisa mengurus paspor di hari libur Sabtu atau Minggu sesuai jadwal di wilayah masing-masing.

Layanan ini semacam SIM keliling atau Samsat keliling. Semua proses mengurus paspor dilayani di mobil khusus itu. "Sudah menjadi komitmen kami untuk berinovasi memberikan layanan paling mudah, nyaman, dan paling dekat dengan masyarakat," kata Is Edy.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved