Breaking News:

Apotek Online Lifepack

5 Jenis Gangguan Kesehatan Mental dan Gejalanya, Mulai Gangguan Kecemasan hingga Skizofrenia

Kesehatan mental kini menjadi isu yang sangat krusial. Meski gejalanya jarang terlihat, tetapi penyakit yang satu ini sangat berdampak pada kehidupan.

Editor: Dwi Prastika
Freepik by yanalya
Ilustrasi gangguan mental 

TRIBUNJATIM.COM - Kesehatan mental kini menjadi isu yang sangat krusial.

Meski gejalanya jarang terlihat, tetapi penyakit yang satu ini sangat berdampak pada kehidupan seseorang. Seseorang yang kesehatan mentalnya terganggu berkemungkinan besar mengalami penurunan produktivitas sehingga kualitas hidup.

Meski begitu, terdapat banyak macam gangguan yang menyerang kesehatan mental atau kesehatan jiwa. Menurut DSM-5 (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders), terdapat hampir 300 jenis gangguan kesehatan jiwa.

Apa sajakah itu? Bagaimana gejalanya?

Simak beberapa jenis gangguan kesehatan jiwa pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini:

1. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang sering terjadi, namun jarang dipahami oleh banyak orang. Kecemasan merupakan hal normal yang dapat dialami oleh semua orang. Tetapi pada gangguan ini, kecemasan yang dirasakan berlebihan dan berlangsung sangat lama hingga menimbulkan beberapa efek samping.

Gangguan kecemasan dapat berdampak pada ada gejala fisik seperti kesulitan tidur, denyut jantung yang berdetak dengan cepat, dan keringat berlebih. Selain itu, penderita gangguan kecemasan juga mengalami perubahan suasana hati atau mood yang sangat cepat. Penderita juga mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi akibat kecemasan berlebih yang dirasakan.

Terdapat beberapa jenis gangguan kecemasan, yaitu:

- Gangguan kecemasan umum

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved