Breaking News:

Wujudkan Dunia Usaha dan Industri Maju di Masa Depan, Kemendikbud Kerjasama dengan KEK Singhasari

Wujudkan dunia usaha dan industri lebih maju. Kemendikbud melalui Ditjen Pendidikan Vokasi kerja sama dengan Kawasan Ekonomi Khusus KEK Singhasari.

Penulis: Rifki Edgar
Editor: Hefty Suud
SURYAMALANG.COM/RIFKI EDGAR
Kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto dengan Kawasan Ekonomi Khusus KEK Singhasari, David Santoso, Sabtu (10/9/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Dalam rangka mewujudkan dunia usaha dan dunia industri yang lebih maju di masa depan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi menandatangani MoU kerjasama dengan Kawasan Ekonomi Khusus KEK Singhasari, Sabtu (10/9/2020).

Penandatanganan tersebut dilakukan di Museum Singhasari yang dihadiri oleh Ditjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto, Pengelola KEK Singhasari David Santoso, Rektor Universitas Brawijaya Malang, Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema), Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Ketua Yayasan Pendidikan Telkom.

Dalam pidatonya, Wikan mengatakan, harus ada konsep 'link and match' di dalam perkembangan kemajuan industri di Indonesia.

Untuk itu, dalam langkah pertama yang harus dilakukan adalah fokus terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia pendidikan. Agar nantinya dapat berjalan berkesinambungan dengan dunia industri.

"Dalam pelaksanaan paket ‘link and match’, industri terlibat penuh dalam perencanaan pembelajaran, proses belajar, dan evaluasi. Ini merupakan mekanisme kerja sama saling menguntungkan antara sekolah dengan industri," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya telah melakukan pelatihan kepada 100 guru SMK untuk menciptakan tenaga pendidik yang memiliki SDM berkompeten.

Pelatihan itu berupa Cloud Computing Teknologi seperti Artificial Intelegen, Network Security yang bekerjasama dengan Amazon.

"Selain membentuk SDM yang berkompeten. Kami ingin memberikan perubahan yang positif. Jadi tidak hanya dilatih saja. Tapi kurikulumnya juga dilatih," ucapnya.

Dengan begitu, Wikan optimis, nantinya para tenaga pendidik yang mengisi di KEK Singhasari dapat menguatkan dan memajukan industri.

Proses penandatanganan kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto dengan Kawasan Ekonomi Khusus KEK Singhasari, David Santoso, Sabtu (10/9/2020).
Proses penandatanganan kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto dengan Kawasan Ekonomi Khusus KEK Singhasari, David Santoso, Sabtu (10/9/2020). (SURYAMALANG.COM/RIFKI EDGAR)

Salah satu caranya ialah mencarikan peluang dan menggali potensi diri dari para pelajar dan mahasiswa untuk masa depan yang lebih baik.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved