Wujudkan Desa Tangguh Bencana, Kabupaten Nganjuk Raih Penghargaan Destana Kategori Utama

Kabupaten Nganjuk berhasil mendapat penghargaan Desa Tangguh Bencana (Destana) Kategori Utama tahun 2020 dari Provinsi Jawa Timur.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Yoni Iskandar
istimewa
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan piala penghargaan Desa Tangguh Bencana kategori utama yang diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, M Yasin 

 TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Kabupaten Nganjuk berhasil mendapat penghargaan Desa Tangguh Bencana (Destana) Kategori Utama tahun 2020 dari Provinsi Jawa Timur.

Hal itu sebagai penghargaan dari wujud keseriusan dan kebersamaan dari Pemerintah dan masyarakat Desa Blongko Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk yang nyawiji menggalang kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya bencana.

Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, Pemkab Nganjuk mengucapkan selamat atas keberhilan Desa Blongko Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk mendapatkan penghargaan Desa Tangguh Bencana kategori utama Tahun 2020.

"Jerih payah masyarakat dan Pemerintah Desa Blongko dalam membangun Destana diapresiasi dan diganjar penghargaan oleh Ibu Gubernur Jawa Timur. Itu merupakan kategori tertinggi penghargaan Destana yang diraih Desa Blongko," kata Marhaen Djumadi, Selasa (13/10/2020).

Dijelaskan Marhaen Djumadi, masyarakat wilayah Desa Blongko yang berada di lereng dan hutan Gunung Wilis tersebut sangat menyadari akan bahaya bencana yang datang secara tiba-tiba. Hal itulah yang menjadikan masyarakat dan Pemerintah Desa Blongko serta Pemkab Nganjuk dengan berbekal kesadaran dan semangat nyawiji menggalang kesiapsiagaan secara mandiri.

Baca juga: Najwa Shihab Dapat Gelar Baru, Wanita Paling Dikagumi di Indonesia, Kalahkan Posisi Susi Pudjiastuti

Baca juga: Gubernur Jatim Khofifah Minta Kasek dan Wali Murid Awasi Pelajar Agar Tak Ikut Aksi Anarkis

Baca juga: Video Lina Mantan Sule Tiba-tiba Diekspos Putri Delina, Adik Rizky Febian Ungkit Hari Penting: Love

Dengan begitu, masyarakat dan Pemerintah Desa mampu menghadapi bencana melalui program Desa Tangguh Bencana (Denstana) Blongko "Tunggul Manik".

"Rupanya semangat nyawiji antara masyarakat dan Pemerintah Desa bersama Pemkab Nganjuk dalam mengantisipasi dan menghadapi bencana menjadi kunci keberhasilan dalam program Desa Tangguh Bencana," uap Marhaen Djumadi.

Disamping itu, tambah Marhaen Djumadi, nyawiji untuk melindungi, mengayomi, membuat warga aman dari bencana juga menjadi wujud dari misi Kepala Desa Blongko bersama Perangkat Desa Blongko.

"Maka dari itu, Pemkab Nganjuk mengapresiasi keberhasilan program Desa Tangguh Bencaan di Desa Blongko yang sukses mendapatkan penghargaan kategori utama Destana 2020 dari Provinsi Jawa Timur," tutur Marhaen Djumadi. (Achmad Amru Muis/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved