Breaking News:

Demi Aksi Kemanusiaan, Komunitas Difabel Antusias Ikut Agenda Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Kebutuhan darah di PMI saat pandemi Covid-19 yang menipis menggerakkan komunitas motor tergabung dalam Bold Riders Probolinggo untuk gelar donor darah

Editor: Sudarma Adi
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Kegiatan donor darah oleh Bold Riders Probolinggo yang diikuti komunitas anak motor di Probolinggo 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Kebutuhan darah di PMI saat pandemi Covid-19 yang menipis menggerakkan komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Probolinggo untuk menggelar aksi donor darah.

Dalam aksi sosial ini Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.

Koordinator Bold Riders Probolinggo Andi Susanto mengatakan, aksi kemanusiaan ini dilakukan oleh sejumlah komunitas motor Bold Riders Probolinggo, seperti New Vixion lightning (NVL) Rider Probolinggo, kemudian GSX Rider Community Problinggo (GRCP), R-15 Probolinggo, dan CB Sugali.

Baca juga: Rumah Sakit Berstandar Internasional Akan Hadir di Kota Probolinggo, Terintegrasi dengan Proyek BTS

Baca juga: Mahfud MD Ceritakan Pengalaman Kapolres Probolinggo Sebagai Penyintas Covid-19 kepada Kiai di Madura

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa mengumpulkan puluhan kantong darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Kami dari komunitas Bold Riders sangat bangga dan terima kasih kepada PMI dan para member, serta rekan DMI yang membuat acara ini sukses,” kata Andi, Minggu (25/10/2020).

Tercatat ada enam perwakilan dari DMI yang ikut jadi pendonor yang berlangsung sejak dua hari terakhir ini di kantor PMI Probolinggo.

Kegiatan donor darah dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ini mengambil tema Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri.

“Sebagai bentuk apresiasi kami, teman-teman dari Bold Riders Probolinggo juga memberikan perlengkapan dalam berkendara seperti warning light (lampu untuk touring), termasuk dibuatkan kaus juga. Ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada teman-teman kami DMI Probolinggo,” ungkap Andi.

Sumpah pemuda menjadi momentum bagi anak-anak muda di Probolinggo untuk bersatu dan menyatu dengan masyarakat.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19, banyak warga yang mengalami kesulitan hidup.

"Saatnya kita bersatu dan saling bantu. Anak-anak Bold Riders Probolinggo selalu siap untuk kegiatan sosial seperti ini," imbuh Andi.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved