Breaking News:

Penyaluran Kartu Sahabat di Kota Kediri Melibatkan 567 Tukang Becak

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto mengungkapkan penyaluran kartu Sahabat sudah memasuki kloter terakhir.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Yoni Iskandar
(Surya/Didik Mashudi)
Abang becak di Kota Kediri diberdayakan untuk mengantarkan Kartu Sahabat dan bansos beras kepada warga penerima, Jumat (16/10/2020). 

 TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto mengungkapkan penyaluran kartu Sahabat sudah memasuki kloter terakhir.

Bantuan kartu Sahabat telah berjalan selama empat tahap dimulai bulan April 2020 yang bekerja sama dengan Bank Jatim Kediri dan Bulog Subdivre Kediri.

Penerima kartu Sahabat mendapatkan bantuan uang Rp 200.000 dan beras 10 kg. Pendanaan bantuan ini diambil dari anggaran APBD Kota Kediri.

Adapun jumlah penerima pada tahap satu sebanyak 22.967 penerima, pada tahap dua turun menjadi 21.339 penerima, tahap tiga bertambah lagi menjadi 24.317 penerima, dan tahap empat sebanyak 25.794 penerima.

“Bertambah dan berkurangnya penerima kita sesuaikan dengan penerima bantuan sosial pusat ataupun provinsi agar tidak terjadi tumpang tindih," ungkap Triyono Kutut Purwanto kepada TribunJatim.com, Selasa (27/10/2020).

Dikatakan, sesuai dengan amanat Wali Kota penyaluran bantuan kartu Sahabat melibatkan tukang becak untuk mengantar.

"Sampai dengan saat ini telah melibatkan 567 tukang becak yang tersebar pada 46 kelurahan,” ujarnya kepada TribunJatim.com.

Sementara, pencairan uang bantuan kartu Sahabat di Kelurahan Gayam diperuntukkan untuk warga Kelurahan Gayam dan Kelurahan Ngampel.

Sementara Dewi, salah satu penerima bantuan kartu Sahabat warga Kelurahan Ngampel bersyukur telah mendapat bantuan.

“Alhamdulillah sudah dibantu saat pandemi ini. Terima kasih banyak atas bantuan yang telah diberikan. Semoga bermanfaat dan Kota Kediri semakin maju,” ungkapnya.

Baca juga: Renang Gunakan Pelepah Pisang, Jenazah Pria Tanpa Identitas Ditemukan Setelah Tiga Hari Tenggelam

Baca juga: Rumah Masa Kecil Bung Karno di Wates Kediri Gelar Peringatan Sumpah Pemuda

Baca juga: Gugatan Machfud-Mujiaman Kandas, Bawaslu Izinkan Foto Tri Rismaharini dalam APK Eri-Armuji

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjelaskan tukang becak dilibatkan dalam menyalurkan beras bantuan ke setiap rumah penerima.

Selain itu dalam menyalurkan bantuan kartu Sahabat juga menggandeng Bank Jatim yang telah banyak membantu Pemerintah Kota Kediri.

“Awalnya kita membagikan kartu sahabat ini agak ribet. Akhirnya kita menunjuk Bank Jatim untuk menjadi bank penyalur," jelasnya.

Pada tahap awal datanya disesuaikan bekerja sama dengan Dispendukcapil sampai akhirnya datanya menjadi detail.

"Sekarang penyalurannya bisa berjalan dengan lancar sampai dengan saat ini. Mudah-mudahan kartu sahabat ini nanti bisa menjadi kartu rekeningnya dan bisa digunakan kembali,” harapnya.(dim/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved