Breaking News:

Peringati Sumpah Pemuda dengan 'Dialog PETIK', Universitas Trunojoyo Tanamkan Nilai Kebangsaan 

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Dialog PETIK, Rabu (28/10/2020). Hadirkan H Achmad Baidowi.

TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL
Rektor UTM Dr Drs Ec H Muh Syarif Msi (duduk di kursi peserta) antusias mengikuti  Dialog Kebangsaan MPR-RI dalam rangka Pembukaan PETIK (Pendalaman dan Praktik Kebangsaan) di Gedung Rektorat Lantai 10, Rabu (28/10/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Hari Sumpah Pemuda di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) diperingati dengan Dialog Kebangsaan MPR-RI dalam Rangka Pembukaan PETIK (Pendalaman dan Praktik Kebangsaan) di Gedung Rektorat Lantai 10, Rabu (28/10/2020).

Dalam dialog sekaligus temu tokoh civitas akademika itu, UTM menghadirkan anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, H Achmad Baidowi sebagai pemateri.

Baidowi mengungkap, forum-forum sosialisasi empat pilar Kebagsaan seringkali digelar. Namun tidak melibatkan mahasiswa.

"Hadirnya UTM sebagai penyelenggara kegiatan PETIK patut diapresiasi," ungkap mantan Wartawan Koran Seputar Indonesia (Sindo) periode 2006-2013 kepada awak TribunJatim.com.

Apresiasi Baidowi kepada UTM tidak lepas dari temuan mengejutkan hasil penelitian Setara Institute terhadap sejumlah pelajar Jakarta dan Bandung di tahun 2016.

Ia menjelaskan, sebanyak 11 persen siswa SMA setuju dengan sistem khilafah dan sebanyak 4,5 persen hingga 5 persen menyetujui perubahan dasar ideologi negara.

"Ini kan berbahaya. Kira-kira para pelajar itu saat ini sudah semester VIII di kampus. Jika pemahaman itu masih dipertahankan, maka akan berpengaruh terhadap pola kehidupan berbangsa," jelasnya.

Bahkan, Setara Institute disampaikan Baidowi, menemukan ada pemahaman di beberapa perguruan tinggi negeri yang mentoleransi kelompok-kelompok mengatasnamakan agama.

"Misalkan melarang pendirian tempat ibadah agama tertentu," ujarnya.

Ia menegaskan, kalau mengacu pada hasil penelitan itu maka hal tersebut menjadi warning atau sesuatu yang sangat mengejutkan.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved