Wapres RI Dorong Muslimat Manfaatkan Fasilitas Negara untuk Dorong UMKM

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin mengapresiasi peran Muslimat NU dalam mengiringi program-program yang dijalankan pemerintah

Penulis: Benni Indo | Editor: Yoni Iskandar
Benni Indo/Surya
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan secara virtual di acara Rakernas dan Mukernas Muslimat NU 2020 di Singhasari Resort, Kota Batu, Kamis (29/10/2020). 

 TRIBUNJATIM.COM, BATUWakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin mengapresiasi peran Muslimat NU dalam mengiringi program-program yang dijalankan pemerintah.

KH Ma'ruf Amin menjelaskan, bahwa  pemerintah membutuhkan mitra strategis dengan organisasi perempuan.

Dikatakan Ma’ruf dalam sambutannya secara online di Rakernas dan Mukernas Muslimat NU 2020, Kamis (28/10/2020), pemerintah telah menghadirkan sejumlah fasilitas agar bisa dimanfaatkan oleh organisasi perempuan, di antaranya fasilitas untuk mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Sejalan dengan upaya pemerintah meningkatkan UMKM, pemerintah juga membuat dukungan lebih besar untuk perkembangan ke depan. Untuk mengembangkan usaha syariah, Muslimat harus memanfaatkan perangkat yang telah ada untuk meningkatkan UMKM. UMKM adalah mitra strategis,” ujar KH Ma’ruf.

Ma'ruf juga berpesan agar Muslimat dapat berperan aktif menangkal radikalisme. Ia mengajak para tokoh Muslimat untuk menyampaikan pesan yang menyejukan kepada masyarakat.

Baca juga: Istri Syok Diam-diam Baca Chat Nakal Suami ke Anaknya, Sudah Lama, Hubungan Terlarang Berakhir Bui

Baca juga: Risma Ikut Turun Kampanyekan Eri Cahyadi dan Armuji di Surabaya Utara: Mas Eri Amanah!

Baca juga: GTV Gelar Audisi Cari Talenta Bernyanyi Campursari, The Next Didi Kempot, Berikut Cara Daftarnya

“Para ustadzah perlu menyampaikan pesan menyejukan ke masyarakat,” ujarnya.

Katanya, Muslimat telah banyak melakukan gerakan kepedulian sosial di tengah masyarakat, termasuk ketika pandemi virus Corona atau Covid-19. Untuk itu, Muslimat terus didorong menguatkan lembaga dan jejaringnya.

“Pandemi masih menjadi ancaman, saya berharap muslimat berkontribusi,” jelasnya kepada TribunJatim.com.

Ketua PBNU, Said Aqiel Siradj mendorong agar Muslimat lebih transparan dan open manajemen dalam mengembangkan organisasi. Hal itu sebagai bentuk tanggungjawab yang diamanatkan kepada pengurus.

“Alhamdulillah di PBNU sudah mulai, kami diaudit oleh eksternal auditor. Uang keluar masuk tercatat dengan rapi, alhamdulillah. Barangkali baru kali ini, semuanya tercatat dengan rapi dan bisa dipertanggung jawabkan dunia dan akhirat. Tapi memang berat, catatlah dengan benar, walaupun berat,” kata Aqiel.

Setiap agenda yang disusun juga disarankan untuk dibukukan dengan baik. Cara-cara seperti itu akan mengantarkan organisasi menjadi lebih baik.

“Walaupun itu berat, sulit, dan membutuhkan kejelian atau ketekunan namun itu merupakan pelajaran berharga bagi organisasi. Bagaimana kita mengatur keuangan dengan terbuka dan transparan,” jelasnya kepada TribunJatim.com.

Muslimat juga didorong membuka jaringan atau teamworking seluas-luasnya. Hal itu dalam rangka membangun kebesaran Muslimat itu sendiri.

“Tidak boleh tertutup, tidak boleh kaku, harus bergaul, buka selebar-lebarnya dengan siapapun, dalam hal apapun,” sarannya.

Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa dalam agenda yang diselenggarakan di Singhasari Resort Kota Batu itu, Muslimat akan membahas sejumlah isu. Sejatinya, acara direncanakan terselenggara awal tahun, namun tertunda karena pandemi Covid-19.

“Lalu sekarang ini sudah sampai pada acara puncak, dari pembahasan dan diskusi secara virtual, apakah yang terkait dengan layanan pendidikan, kesehatan, sosial, karena di NU ini yang punya panti asuhan Muslimat,” ujar Khofifah.

Katanya, Muslimat memiliki 143 panti asuhan. Lalu sejumlah rumah sakit dan klinik, termasuk di dalamnya klinik hemodialisis. Muslimat juga memiliki induk koperasi.

“Di Indonesia ini empat organisasi perempuan yang punya induk koperasi, salah satunya Muslimat NU,” ungkapnya. (Benni Indo/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved